Home / Rubrik / Berita

Beberapa Gejala Awal Demensia yang Harus Anda Perhatikan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 206

Demensia yaitu istilah umum untuk menunjukkan gejala yang memengaruhi kemampuan untuk berpikir, daya ingat dan kemampuan sosial yang cukup parah sehingga dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari.

 

Apabila kita sering lupa tidak selalu hal itu menjadi gejala demensia. Walaupun begitu harus waspada seseorang yang sering lupa bisa saja mengalami gejala awal dari demensia.

 

Supaya kita bisa mewaspadai penyakit demensia alangkah baiknya kita ketahui gejala awal dari penyakit demensia. 

 

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut beberapa gejala awal demensia yang harus kita ketahui. 

 

1. Terjadi Perubahan Ingatan Jangka Pendek

Gejala awal penyakit demensia salah satunya ialah mengalami perubahan daya ingat jangka pendek. Kondisi seperti ini menjadikan seseorang mengingat kegiatan yang terjadi di masa lalu tetapi tidak dengan kegiatan yang baru-baru dilakukan seperti makanan yang dimakan ketika sarapan sampai lupa saat menaruh barang apapun.

 

2. Sering Kesulitan Temukan Suatu Kata atau Istilah

Seseorang yang sedang mengalami penyakit demensia akan kesusahan dalam berkomunikasi sebab sering lupa suatu kata atau istilah yang populer. 

 

Sehingga kondisi tersebut membuat pengidap penyakit demensia membutuhkan waktu yang lama dalam menyampaikan pikiran atau perasaannya. 

 

3. Alami Perubahan Suasana Hati atau Kepribadian

Pengidap penyakit demensia sering merasakan perubahan suasana hati atau kepribadian. Gejala dari gangguan kesehatan mental juga sering ditunjukkan oleh pengidap demensia seperti mudah merasa takut atau cemas, depresi sampai menjadi penyendiri. 

 

4. Sering Merasa Kebingungan

Orang yang akan atau penderita demensia sering merasa kebingungan contohnya dalam mengenali wajah seseorang sampai hal-hal yang berhubungan dengan waktu dan tempat. 

 

5. Kesulitan dalam Menentukan Arah 

Hal yang biasa terjadi bagi penderita demensia ialah sering mengalami kesulitan dalam menentukan arah jadi orang yang dalam gejala atau sedang mengidap dimensi ya sering tersesat walaupun berada di tempat yang sangat familiar atau sering dikunjungi. Penderita demensia juga mengalami kesusahan dalam mengikuti arahan dan tahapan kegiatan tertentu yang termasuk sederhana. 

 

Itulah beberapa gejala dari penyakit demensia yang harus diwaspadai. Sehingga kita bisa terhindar dari penyakit tersebut.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu