Home / Rubrik / Berita

Halil Anak Yatim dan Ibunya Pembuat Batu Bata Senang Dapatkan Bantuan Biaya Hidup dari Rumah Yatim NTB

gambar-headline
NTB Post Views: 24

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Nusa Tenggara Barat telah melakukan aksi kebaikan dengan menyalurkan bantuan biaya hidup kepada Abdul Halil sebagai penerima manfaat pada Jum'at, (01/12/23).

 

Tim Rumah Yatim NTB memberikan bantuan biaya hidup tersebut secara langsung di kediamannya Halil yang berlokasi di Desa Beroro, Kecamatan Jembatan Kembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

 

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

 

Pada saat Abdul Halil berusia 1 tahun, ia kehilangan ayahnya, meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Ibu Mustiaman (38) sangat sedih karena harus kehilangan sang suami untuk selama-lamanya.

 

Sekarang Halil baru duduk di kelas 6 SD dan sebentar lagi akan memasuki SMP akan tetapi ibunya sekarang hanya bekerja sebagai buruh pembuat batu bata, untuk makan saja susah dan seragam sekolah Hilal masih memakai yang lama karena belum digantikan dengan yang baru karena tidak mampu untuk membeli yang baru. 

 

Upah yang didapat dari membuat batu bata hanya Rp.80.000 per 100 batu bata yang dibuat. Pekerjaan itu juga bisa terselesaikan dalam waktu 2 sampai 3 hari, apabila cuaca sedang panas akan tetapi sebaliknya, apabila musim hujan butuh waktu berhari-hari.

 

Selain disibukkan dengan membuat batu bata ibunya harus mencari kayu bakar juga, karena di rumahnya masih menggunakan tungku tradisional dengan bahan bakar kayu. 

 

Sekarang ini mereka tinggal di sebuah rumah yang sudah tidak layak yang terbuat dari bilik bambu yang sudah rusak dan banyak lubang kecil, dikarenakan anyaman bambunya sudah mulai terbuka karena termakan usia. 

 

Ibu Mustiaman mempunyai dua orang anak. Tetapi yang satunya sudah lulus sekolah hingga saat ini belum bisa mendapatkan pekerjaan. 

 

Hilal dan ibunya sangat senang sekali bisa mendapatkan bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat karena akhirnya mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan juga kebutuhan yang lainnya. 

 

Semoga bantuan yang telah disalurkan oleh Rumah Yatim Nusa Tenggara Barat bisa bermanfaat untuk membantu meringankan beban hidup mereka, serta menjadi pahala mengalir untuk para pejuang kebaikan yang telah berpartisipasi dalam program bantuan biaya hidup ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 bulan yang lalu