Home / Rubrik / Berita

Jenis Ikan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 189

Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan kecerdasan otak, terutama untuk anak yang sedang masa pertumbuhan, mengkonsumsi olahan ikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. 

 

Namun ikan apa saja yang baik dikonsumsi demi meningkatkan kecerdasan otak? 

 

Berikut ini terdapat beberapa ikan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak seseorang. 

 

1. Ikan Tuna

Ikan tuna ikan yang sangat tinggi akan nutrisi penting demi kecerdasan otak. Ikan tuna memiliki kandungan omega 3, magnesium dan kalium yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan kognitif.

 

Fosfor sendiri ialah mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tulang dan otot. Sedangkan ikan tuna sangat kaya akan omega 3 terutama asam lemak DHA yang merupakan nutrisi esensial penting demi fungsi kognitif dan perkembangan otak yang maksimal. 

 

Magnesium dan kalium juga mempunyai peranan dalam menghantarkan sinyal saraf dan baik bagi fungsi saraf yang sehat.

 

2. Ikan Kembung

Ikan kembung adalah ikan lokal yang biasanya mempunyai harga lebih murah dan sangat mudah ditemukan di pasar ataupun supermarket walaupun tidak sepopuler ikan salmon ikan kembung juga mempunyai gizi yang sangat baik. 

 

Ikan kembung memiliki kandungan protein yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selain dari itu ikan kembung memiliki kandungan lemak omega 3 dan DHA yang bermanfaat untuk perkembangan kognitif anak. 

 

Dikutip dari situs web Kementerian Kesehatan RI, omega-3 dalam ikan kembung ialah 1,5 kali lebih tinggi dibanding dengan ikan salmon.

 

3. Ikan Bandeng

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan laut yang sudah dibudidayakan dengan memakai sistem tambak. 

 

Ikan bandeng mempunyai kandungan omega 3 yang tinggi yaitu sebesar 14,2%. Presentasi tersebut lebih tinggi dibandingkan ikan sarden dengan kandungan omega 3 sebesar 3,9%.

 

Makan ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 termasuk ikan bandeng sendiri bisa memberikan manfaat untuk kecerdasan otak dan memori anak. 

 

4. Ikan Shisamo

Ikan shisamo Iyalah ikan kecil yang memiliki warna hijau keperakan seperti ikan sarden dan ikan teri ikan sisamo juga dikatakan sebagai smelt fish atau capelin fish. Ikan shisamo merupakan ikan laut yang baik bagi anak sebab rendah kolesterol jahat dan rendah merkuri.

 

Ikan shisamo berasal dari Jepang dan saat ini sedang menjadi topik hangat di kalangan orang tua karena nutrisi di dalamnya.

 

Seperti kandungan kalsium yang bisa membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi yang sehat potasium yang bisa menjaga detak jantung agar tetap stabil serta vitamin B yang bisa mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan demi mendukung fungsi kognitif dan kesehatan kulit serta rambut. 

 

Ikan shisamo juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi seperti asam lemak omega-3. Asupan rutin dari omega-3 bisa membantu tingkatkan memori, keterampilan kognitif dan pembelajaran pada seseorang. 

 

Itulah beberapa ikan yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak pada seseorang dan sebaiknya kita lebih rutin mengkonsumsi ikan karena sangat memiliki banyak manfaat terutama bagi kognitif dan kecerdasan otak. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu