Home / Rubrik / Berita

Dua Amalan Pembuka Rezeki, Sedekah Subuh dan Sholat Dhuha

gambar-headline
Indonesia Post Views: 377

Terdapat beberapa amalan yang dapat membuat rezeki kita terbuka lebar sehingga kita dengan mudah mendapatkan rezeki yang berlimpah. 

 

Lalu apa saja amalan yang bisa membuka rezeki tersebut? 

 

Amalan tersebut ialah sedekah subuh dan sholat dhuha. Seseorang yang rajin melakukan sedekah subuh dan juga sholat dhuha akan mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT yaitu akan dimudahkan rezekinya. 

 

Sedekah ialah kegiatan mengeluarkan harta demi mendekatkan diri kepada Allah SWT. Waktu subuh adalah waktu yang terbaik untuk bersedekah. Diantara setelah sholat Subuh sampai menjelang sholat Dzuhur.

 

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasul SAW yang diriwayatkan Abu Hurairah RA:

 

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

 

Artinya: Nabi SAW menuturkan, "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya, lalu salah satunya berdoa, 'Ya Allah, berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya.' Sedangkan (malaikat) yang satunya lagi berkata, 'Ya Allah, berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).'" (HR Bukhari). 

 

Dari hadits di atas bisa diketahui bahwa muslim yang menyedekahkan hartanya di pagi hari atau di waktu subuh, maka malaikat akan datang kemudian mendoakan muslim tersebut supaya apa yang disedekahkannya dibalas dengan yang lebih baik.

 

Jika seseorang tidak mampu bersedekah menggunakan uang atau materi ia dapat bersedekah dengan melakukan berbagai amal kebajikan Contohnya seperti shalat, dzikir (tasbih, takbir, tahlil, tahmid), puasa bahkan mencegah kemungkaran dan memperingatkan agar berbuat baik juga termasuk dalam sedekah.

 

Abu Dzar RA berkata bahwa para sahabat bertanya mengenai sedekah, kemudian Nabi SAW bersabda: "Bukankah Allah SWT telah menjadikan apa yang ada padamu sebagai sedekah? Sesungguhnya setiap tasbih adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah."

 

Lalu amalan selanjutnya yang bisa membuka rezeki ialah dengan melaksanakan sholat Dhuha. 

 

Sholat Dhuha yaitu sholat sunnah yang dilaksanakan sesudah matahari terbit hingga menjelang waktu Dzuhur, dengan jumlah rakaat paling sedikit 2 rakaat. 

 

Siapa saja Muslim yang selalu melaksanakan sholat sunnah Dhuha akan diberikan oleh Allah SWT rezeki beserta keberkahannya.

 

Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk melakukan sholat sunnah dhuha sebelum menjalankan berbagai kegiatan sehari-sehari, karena sholat dhuha seperti pintu awal kesuksesan seseorang pada saat memulai kegiatannya.

 

Rezeki bukan hanya dalam bentuk materi, dengan melaksanakan sholat Dhuha rezeki yang bisa kita dapatkan yaitu seperti hati yang tenang, dijauhkan dari sifat ketamakan, serta menjadi pribadi yang selalu bersyukur. 

 

Marilah kita sebagai Muslim Melakukan amalan-amalan kebaikan, seperti bersedekah subuh dan juga sholat sunnah Dhuha secara rutin, agar kita memperoleh kemudahan rezeki dan juga manfaat baik lainnya untuk kita.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu