Home / Rubrik / Berita

Ponpes Al-Huda Kini Tegap Berdiri , Berkat Kemurahan Hati Sang Pemberi

gambar-headline
Banten Post Views: 89

Lima puluh santri berdesakan ketika mengaji , Kondisi pondok pesantren Al-Huda yang terletak di Kampung Pasir Pendeuy , Desa Nangerang Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak Banten , Pondok pesantren seharusnya memiliki tahta tersendiri di hati masyarakat karen disini lah tempat anak-anak belajar agama, sebagai slah satu bekal menjalani hidup. Namun Dengan jumlah santri 50 orang Ponpes Al-Huda Keadaan nya sangat memprihatinkan, selain ruang belajar yang sempit, kamar santri mukim pun sangat terbatas dan tidak layak, anyaman bambunya sudah koyak di berbagai tempat, atapnya mengalami bocor.

Pondok pesantren sendiri adalah sebuah institusi pendidikan Islam tradisional di Indonesia. Istilah "pondok" berasal dari bahasa Arab yang berarti "rumah" atau "tempat tinggal", sedangkan "pesantren" adalah istilah dalam bahasa Jawa yang merujuk pada lembaga pendidikan Islam. Pondok pesantren merupakan tempat di mana para santri (siswa) tinggal dan belajar agama Islam.

Di pondok pesantren, para santri mengikuti program pendidikan agama Islam yang komprehensif. Mereka belajar Al-Qur'an, tafsir (penafsiran) Al-Qur'an, hadis (ajaran Nabi Muhammad), fiqh (hukum Islam), aqidah (keyakinan), sejarah Islam, bahasa Arab, dan berbagai disiplin ilmu keislaman lainnya. Selain itu, pondok pesantren juga mengajarkan etika, moralitas, dan nilai-nilai kehidupan Islami kepada para santri.

Saat ini sedang dilakukan proses perbaikan sarana prasarana pesantren hasil dari proses pengumpulan dana melalui salah satu portal donasi online milik Rumah Yatim donasionline.id , yang alhamdulillah telah selsi satu kamar untuk anak-anak santri mukim, semoga penggalangan dana dapat terus terkumpul hingga Pondok Pesantren Al-Huda Memiliki Sara Prasarana Belajar yang layak.

 


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

11 bulan yang lalu