Home / Rubrik / Berita

Qurban Adalah

gambar-headline
Bandung Post Views: 610

Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demi-kianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu.( Qs. Al Hajj: 37)

Bulan Dzulhijah sudah diambang pintu ,amalan yang paling Alloh cintai harus segera kita siapkan .Rasululloh SAW Bersabda : "Tidak ada amalan manusia pada hari raya Qurban (Idul Adha) yang dicintai Allah melebihi amalan mengalirkan darah (menyembelih hewan).( HR.Tirmidzi)

*Esensi Ibadah Qurban* bukan terletak pada darah dan dagingnya ,tetapi ia merupakan cerminan iman dan bukti kecintaan kepada Alloh SWT dan juga sesama.Sebesar apa kecintaan seseorang kepada Alloh sebesar itu pula pengorbanan yang akan diberikan seorang hamba ,semakin berkualitas imannya semakin berkualitas juga pengorbanan yang diberikannya .

Hikmah utama yang dipetik oleh seorang mukmin saat berqurban adalah ;

  • Meneladani ketaatan dan ketulusan nabi Ibrahim Alahisalam
  • Diraihnya derajat ketaqwaan
  • Dengannnya ia telah menghidupkan syiar Islam
  • Sebagai bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT
  • Dan tentunya bisa membahagiakan sesama yang membutuhkan

Rumah Yatim memfasilitasi umat Islam di Indonesia untuk menunaikan Ibadah Qurban  yang sesuai dengan tuntunan syariah baik jenis dan kualitas hewan qurban maupun dalam pelaksanaannya,Jangkauan jaringan Rumah Yatim yang luas di 20 propinsi ,memudahkan masyarakat Indonesia untuk berqurban dimanapun dimana Rumah Yatim berada khususnya .

Segmentasi untama penyaluran Qurban Rumah Yatim adalah;

  • Daerah rawan pangan
  • Panti asuhan pra sejahtera
  • Pesantren - prasejahtera
  • Keluarga Yatim dhuafa
  • Keluarga Disabilitas dhuafa
  • Masjid minim pequrban.

Tahun ini Rumah Yatim mengusung sebuah tema edukasi yaitu  Qurban Membentuk Keshabaran

Inilah hakikat Qurban yang sesungguhnya ,dimana melalui ibadah ini kita diajarkan untuk bershabar dalam menekan keinginan dan hawa nafsu agar bisa tetap tunduk dalam ketaatan kepada syariat Alloh ,karena inilah hakikat hidup seorang mukmin : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Tidak beriman salah seorang di antara kalian hingga hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa.( HR.Ibu Abi Ashim).

Banyak hal yang kita bisa beli dengan biaya mahal untuk kebutuhan pribadi dalam setahun ,namun sedikit yang diberi kemampuan untuk menunaikan Ibadah Qurban, maka kekuatan imann dan keshabaranlah yanng menghantarkan seseorang pada ketaatan kepada Khaliknya.

 

Semoga Alloh selalu membimbing dan memapukan kita untuk  menjalankan ibadah qurban tahun ini.aamiin

 

 


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

8 bulan yang lalu