Home / Rubrik / Berita

Makan Buah Ini untuk Redakan Flu

gambar-headline
Bandung Post Views: 216

Flu merupakan salah satu penyakit yang sangat sering terjadi pada banyak orang, terutama saat sistem kekebalan tubuh sedang lemah. Disaat seseorang terkena flu, ia akan merasakan berbagai gejala seperti tubuh meriang, tidak enak badan, pusing, tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, hingga mata yang terus berair.  

 

Oleh karena itu, saat sedang terkena flu, sebaiknya banyak istirahat di rumah untuk mempercepat pemulihan. Selain dengan beristirahat yang cukup, penderita flu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, termasuk buah-buahan.

 

Kira-kira, apa saja jenis buah yang ampuh membantu meredakan flu? Yang jelas, untuk meredakan flu dibutuhkan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C. 

Buah dengan vitamin C bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus flu secara maksimal. Sifat antioksidan dalam vitamin C juga membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

 

Berikut buah-buahan yang bisa membantu meredakan flu: 

 

1. Buah ceri

Buah ceri memiliki antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Buah ini bisa meredakan sakit flu dan beragam penyakit lainnya.

 

2. Anggur

Buah yang cocok dikonsumsi untuk meredakan pilek selanjutnya adalah anggur. Selain mengandung vitamin A dan C dalam jumlah tinggi, kulit dan biji buah anggur mengandung resveratrol yang dipercaya dapat mengatasi peradangan pada tubuh.

 

3. Jeruk

Konsumsi satu buah jeruk dalam sehari, termasuk saat flu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

 

4. Nanas

Buah nanas mengandung campuran enzim yang disebut bromelain yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan yang terkait dengan alergi dan asma. Nanas juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang bisa membantu memecah dan mengeluarkan lendir.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dalam nanas juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Nanas juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

5. Delima

Jus delima murni adalah minuman lain yang cocok dikonsumsi saat flu maupun batuk, karena sifat antimikroba dan antiinflamasinya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2017 di jurnal Nutrients, polifenol adalah antioksidan yang ditemukan dalam jus delima yang bisa memerangi virus dan meminimalkan gejala flu seperti batuk dan pilek.

 

6. Jambu biji

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji sangat bagus untuk meredakan sakit batuk dan flu. Vitamin C bersifat antioksidan serta antibakteri dapat membantu memecah lendir serta membunuh kuman yang menginfeksi sistem pernapasan penderitanya.

 

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis juga mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jeruk nipis dapat menjadi obat alami untuk meredakan sakit flu maupun batuk.

Saat mengonsumsinya, biasanya jeruk nipis akan dicampur dengan madu untuk menghilangkan sedikit rasa asamnya.

 

 

Itulah 7 buah yang bisa membantu meredakan flu. Mari biasakan makan buah-buahan ini ketika diserang flu, selain meredakan, ketujuh buah ini pun bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh juga.


Author

img-author

Sinta Guslia

5 bulan yang lalu