Home / Rubrik / Berita

Tingkatkan Kesehatan Mata dengan Mengkonsumsi Buah Ini

gambar-headline
Indonesia Post Views: 163

Semua nikmat yang diberikan oleh Tuhan harus kita jaga selalu, seperti organ tubuh salah satunya mata harus dijaga kesehatannya. Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kesehatan mata salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan. 

 

Terdapat beberapa buah-buahan yang bisa meningkatkan kesehatan mata kita diantaranya ialah sebagai berikut. 

 

1. Jeruk

Vitamin C tinggi yang terkandung dalam buah jeruk, diketahui bisa membantu melawan risiko katarak dan juga degenerasi makula.

 

Dikutip dari healthline, Vitamin C ialah antioksidan yang baik demi mencegah kerusakan pada mata yang disebabkan oleh radikal bebas. 

 

Selain itu vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk membantu proses pembentukan protein kolagen yang berguna demi menjaga kejernihan kornea. 

 

2. Kiwi

Vitamin C yang ada pada buah kiwi bertugas sebagai antioksidan dan sangat efektif mencegah penyakit mata. Secangkir Kiwi mengandung 167mg vitamin C dan nutrisinya dua kali lipat dari buah jeruk. 

 

Kandungan mineral tembaga (copper) dalam buah kiwi berguna untuk sistem saraf dan bermanfaat demi mengoptimalkan fungsi retina. 

 

Menurut peneliti di National Eye Institute bahwa asupan vitamin C yang tinggi dan nutrisi lainnya mampu membantu mencegah timbulnya katarak di usia lanjut.

 

3. Mangga

Mangga memiliki kandungan 2 nutrisi utama yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin yang meningkatkan kesehatan mata dan melindungi terhadap sinar biru yang dipancarkan oleh layar gawai.

 

Dikutip dari SFGate, buah mangga juga memiliki lutein dan zeaxanthin cukup tinggi sekitar 48 mikrogram per buah. Selain itu vitamin A yang tinggi yang terdapat pada mangga bisa untuk pencegahan pada mata kering dan rabun senja. 

 

4. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang baik untuk kesehatan mata karena pepaya memiliki vitamin C dan vitamin A yang bisa melindungi kornea serta meminimalisir degenerasi retina.

 

Mirip seperti buah mangga buah pepaya memiliki kandungan sekitar 271 mikrogram lutein dan zeaxanthin di setengah buahnya.

 

5. Blueberry

Buah blueberry memiliki kandungan antioksidan yang kuat yaitu antosianin yang bisa memberikan manfaat untuk melindungi indra penglihatan. 

 

Pada saat seseorang melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, antosianin bisa melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV. 

 

Senyawa antosianin tersebut juga dapat diperoleh dari makanan dengan pigmen warna ungu, merah tua atau biru lainnya seperti blackberry, anggur merah, delima dan anggur ungu. 

 

Itulah beberapa buah-buahan yang bisa menjaga kesehatan mata lebih optimal dan kita terhindar dari masalah-masalah penglihatan serta membuat mata kita lebih sehat.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu