Home / Rubrik / Berita

Kiat Menjaga Imun Tubuh di Kala Musim Pancaroba

gambar-headline
Indonesia Post Views: 134

Menjaga imun tubuh sangat penting sekali dilakukan di kehidupan sehari-hari, bukan hanya di musim pancaroba saja. Namun memang ketika musim pancaroba tiba alangkah lebih baiknya kita lebih lagi memperhatikan imun tubuh karena di musim pancaroba biasanya imun tubuh kita melemah. 

 

Musim pancaroba adalah masa di mana terjadinya pergantian dua musim seperti dari musim kemarau ke musim penghujan ataupun sebaliknya. 

 

Di musim pancaroba ini imun kita biasanya melemah seperti mudah terserang penyakit flu dan batuk. Oleh karena itu mari kita simak kiat untuk menjaga imun tubuh di kala musim pancaroba berikut ini. 

 

1. Olahraga secara rutin

Olahraga juga harus diperhatikan karena olahraga merupakan kegiatan yang semestinya dilaksanakan supaya tubuh menjadi tetap sehat dan bugar olahraga dapat dilaksanakan minimal 4 kali dalam seminggu dalam satu kali berolahraga minimal dengan waktu 30 menit dan olahraga yang berkualitas. 

 

Kegiatan kecil pun bisa menjadi olahraga seperti dengan berjalan kaki, berlari-lari kecil, renang ataupun bersepeda. 

 

2. Menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi gizi seimbang

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tubuh kita akan tercukupi kebutuhan gizi per harinya. Makanan sehat juga merupakan makanan yang diperlukan oleh tubuh dengan asupan gizi yang seimbang. Kebiasaan makan sehat pasti akan menyokong kondisi fisik ketika menghadapi musim pancaroba. 

 

Kita bisa mencukupi kebutuhan tubuh dengan beberapa zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein dengan makan makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak mineral, vitamin dan serat dan tentu jangan lupakan untuk meminum air putih yang cukup. 

 

3. Istirahat yang cukup

Untuk siapapun yang sering begadang sebaiknya lebih memperhatikan waktu tidur kalian karena dengan banyak begadang atau kurang istirahat dapat menyebabkan menurunnya kondisi fisik waktu tidur yang cukup ialah minimal 8 jam per hari ketika tidur sel-sel tubuh akan melaksanakan regenerasi dan proses pemulihan kondisi fisik yang telah lelah melakukan kegiatan seharian demi mempertahankan kesehatan tubuh. 

 

4. Selalu jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih merupakan indikator lingkungan yang sehat. Dilihat dari lingkungan yang bersih maka lingkungan tersebut termasuk lingkungan yang sehat, karena terjaganya dari hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit. 

 

Terlebih lagi di musim pancaroba sebaiknya kita ekstra memperhatikan kebersihan lingkungan kita, karena di musim pancaroba nyamuk lebih banyak keluar dibandingkan musim yang lainnya begitupun serangga-serangga lainnya oleh karena itu dengan kita menjaga lingkungan agar tetap bersih merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan tentunya kita akan merasa nyaman. 

 

Itulah beberapa kiat untuk menjaga imun tubuh di kala musim pancaroba tiba. Sehingga imunitas tubuh kita bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu