Home / Rubrik / Berita

Jangan Simpan Makanan dan Minuman Ini di Freezer Rumah Anda

gambar-headline
Indonesia Post Views: 223

Sebagian orang banyak yang menyimpan makanan atau minuman di freezer dengan tujuan supaya tahan lama. Tidak bisa dipungkiri menyimpan makanan atau minuman di freezer merupakan solusi terbaik untuk mengawetkan makanan dan minuman tersebut. Namun perlu diketahui ternyata tidak semua makanan atau minuman bisa disimpan di freezer. 

 

Lalu apa saja makanan dan minuman yang tidak boleh disimpan di dalam freezer?

 

Berikut beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh disimpan di freezer. 

 

1. Telur

Telur mentah atau telur yang sudah direbus sama sekali tidak boleh disimpan dalam freezer. Dilansir dari all recipes bagian dalam telur dapat mengembang sampai mengakibatkan cangkang telurnya retak dan berantakan ketika dibekukan dalam freezer. 

 

2. Alpukat

Daripada dibekukan, alpukat lebih nikmat dikonsumsi dalam keadaan segar. Alpukat apabila dipotong dan dibekukan, warna alpukatnya akan berubah menjadi cokelat pada saat mencair. Bahkan rasanya akan menjadi sedikit kecut atau pahit.

 

3. Makanan Kaleng atau Minuman Kemasan

Anda tidak boleh memasukkan minuman kaleng ataupun makanan kaleng ke freezer, karena hal tersebut dapat mengakibatkan minuman kaleng atau makanan kaleng tersebut meledak dan membuat kacau.

 

4. Susu

Tidak hanya susu cair biasa, namun semua makanan yang berbahan dasar susu dapat rusak apabila dibekukan, lemak akan terpisah dari cairan yang ada dalam susu. Hal tersebut tidak hanya merusak, namun bisa mengubah konsistensi rasa dari makanan atau minuman yang berbahan dasar susu tersebut

 

5. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang begitu tinggi, apabila mentimun dibekukan dalam freezer kandungan air tersebut membuat mentimun cepat membeku sehingga tidak bisa dimakan. Hal ini juga untuk pada sayuran lain yang memiliki kandungan tinggi air.

 

6. Daging yang telah dicairkan

Anda tidak boleh memasukkan lagi daging beku yang telah dicairkan ke dalam freezer. Dilansir dari Reader's Digest, makanan beku yang sudah dicairkan dapat memicu tumbuhnya bakteri berbahaya.

 

Daripada membekukan kembali, anda bisa memasak semua daging tersebut dan disimpan dalam kulkas biasa untuk dimakan di lain waktu. 

 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dimasukkan ke dalam freezer, agar terhindar dari beberapa penyakit. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu