Home / Rubrik / Berita

Cara Tayamum dan Kapan Dapat Mengamalkannya

gambar-headline
Bandung Post Views: 797

Tayamum adalah tindakan bersuci dari hadas, baik hadas kecil maupun hadas besar tanpa menggunakan air, melainkan menggunakan pasir atau debu.

Tayamum dalam Islam merupakan kegiatan bersuci sebagai keringanan (rukhsah) bagi mereka yang tidak bisa menggunakan air karena sebab-sebab tertentu 

 

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang melakukan tayamum dan tidak berwudhu ketika akan mengerjakan ibadah salat, 

 

Berikut di antara sebab dibolehkannya tayamum:

1. Tidak ada air

Sebagaimana Firman Allah Ta'ala :

 

فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا

 

"Lalu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah" (QS. al-Maldah ayat 6)

 

2. Air yang ada dibutuhkan untuk minum atau memasak. Jika dia gunakan untuk berwudhu, akan membuatnya kehausan atau berbahaya bagi dirinya.

 

3. Tidak dapat menggunakan air karena dikhawatirkan mendatangkan bahaya, seperti sakit atau terlambat kesembuhannya.

 

4. Jika seseorang tidak dapat bergerak dan tidak ada yang mewudhukannya dan dia khawatir waktunya habis.

 

5. Jika airnya sangat dingin dan tidak ada sesuatu yang dapat memanaskannya sedangkan dia khawatir jika menggunakannya akan berbahaya baginya, berdasarkan firman Allah Ta'ala:

 

وَلَا تَقۡتُلُوۡۤا اَنۡـفُسَكُمۡ‌ؕ

 

"Dan janganlah kamu membunuh dirimu (QS. an-Nisa ayat 29)

 

hal ini seperti firman Allah SWT yang terdapat dalam surah An-Nisa ayat 43:

وَاِنۡ كُنۡتُمۡ مَّرۡضٰۤى اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ اَوۡ جَآءَ اَحَدٌ مِّنۡكُمۡ مِّنَ الۡغَآٮِٕطِ اَوۡ لٰمَسۡتُمُ النِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُوۡا مَآءً فَتَيَمَّمُوۡا صَعِيۡدًا طَيِّبًا فَامۡسَحُوۡا بِوُجُوۡهِكُمۡ وَاَيۡدِيۡكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُوۡرًا

 

...wa in kuntum mardaaa aw 'alaa safarin aw jaaa'a ahadum minkum minal ghaaa'iti aw laamastumun nisaaa'a

 

Artinya: ".......Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun."

 

 

Tata Cara Tayamum Sesuai Sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW

Tata cara tayammum sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad SAW terdapat di dalam hadits yang dijelaskan oleh Ammar bin Yasir radhiyallahu anhu, yaitu:

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi was sallam mengutusku untuk suatu keperluan, kemudian aku mengalami junub dan aku tidak menemukan air. Maka aku berguling-guling di tanah sebagaimana layaknya hewan yang berguling-guling di tanah. Kemudian aku ceritakan hal tersebut kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau mengatakan, “Sesungguhnya cukuplah engkau melakukannya seperti ini.” Seraya beliau memukulkan telapak tangannya ke permukaan bumi sekali pukulan lalu meniupnya. Kemudian beliau mengusap punggung telapak tangan (kanan)nya dengan tangan kirinya dan mengusap punggung telapak tangan (kiri)nya dengan tangan kanannya, lalu beliau mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.

 

Tata Cara Tayammum Sesuai Rasulullah

 

Dari hadits tersebut, bisa diketahui kalau tata cara tayammum Rasulullah adalah sebagai berikut:

Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dalam sekali pukulan kemudian meniupnya

 

Menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri

 

Menyapu punggung telapak tangan kiri dengan tangan kanan

 

Menyapu wajah dengan kedua telapak tangan

 

Dianjurkan juga untuk membaca doa tayamum seperti berikut:

 

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ.

 

Asyhadu anlaaa ilaaha illallah wahdahuu laa yasrikalahu wasyhadu anna muhammadan 'abduhuu warasuuluhu. allahumaj'alnii minat tawwabiina waj'alnii minal mutathohhiriina waj'alnii min 'ibadikash shoolihin. subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illa anta astaghfiruka watuubu ilaiika. 

 

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli taubat, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli bersuci dan jadikanlah aku termasuk golongan hamba-hamba-Mu yang shalih. Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

 

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Tayammum

Perlu diketahui juga, meskipun tayammum merupakan salah satu cara bersuci, tapi ada beberapa perbedaan yang membedakan antara tayammum dengan berwudhu.

 

Saat berwudhu, Anda disunnahkan untuk membasuh anggota wudhu setidaknya sebanyak tiga kali. Sedangkan saat melakukan tayammum, Anda cukup melakukan usapan satu kali saja. Baik saat mengucap telapak tangan ataupun saat mengusap wajah.

 

Di samping itu, bagian tangan yang wajib diusap dalam tayammum hanya pada bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja. Berbeda dengan pada saat wudhu dimana Anda wajib membasuh tangan sampai siku.

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

8 bulan yang lalu