Home / Rubrik / Berita

Kenapa Berqurban Di Rumah Yatim Adalah Pilihan Tepat ?

gambar-headline
Bandung Post Views: 227

Menjelang hari raya idul adha , tentunya banyak sekali yang memberikan penawaran hewan qurban , namun tentunya ber-qurban di rumah yatim merupakan pilihan tepat yang dapat para donatur sekalian lakukan, karena penawaran qurban dilakukan saat hewan qurban sudah tersedia di kandang, serta hewan qurban sudah mencapai bobot yang layak untuk di qurbankan, yakni 21-25 kg untuk domba , adapun untuk sapi reguler berat 220 kg s/d 250 Kg, Sapi Premium berat 251 kg s/d 300 kg.

 

Hewan yang bisa dikurbankan, yaitu unta, sapi, dan kambing. Syarat atau kriteria hewan kurban adalah harus sehat, tidak memiliki cacat atau penyakit, dan sudah mencukupi usia dewasa, yaitu 1 tahun atau lebih untuk kambing, minimal 2 tahun untuk sapi, dan 5-6 tahun untuk unta.

 

Jika berkurban kambing, maka hanya boleh untuk satu nama pribadi atau satu nama keluarga. Jika sapi, maksimal untuk tujuh nama pribadi atau keluarga.

 

Untuk penerima manfaat hewan qurban pun harus sangat diperhatikan karena ada dalil yang mengatur mengenai hal ini 

 

"Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur." (Al-Hajj: 36).

 

pembagian daging kurban dibagikan sesuai golongan penerimanya, yaitu 1/3 bagian diberikan kepada fakir miskin, 1/3 bagian kepada tetangga, dan 1/3 bagian untuk yang menunaikan kurban atau disebut shohibul qurban, rumah yatim mendistribusikan hasil sembelihan para donatur kepada fakir, miskin, yatim piatu, serta masyarakat lainnya yang hidup dalam garis kemiskinan, sehingga keberkahan qurban akan dirasakan berbagai kalangan.

Pemotongan hewan Qurban akan dilaksanakan di pusat pemotongan hewan mitra binaan Rumah yatim serta di asrama, serta kantor kas Rumah Yatim terdekat di kota anda, jadi tunggu apalagi maru tunaikan Ibadah Qurban di Rumah Yatim dan Bahagiakan sesama, silahkan klik tombol donasi untuk berqurban di rumah-yatim.org.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

8 bulan yang lalu