Home / Rubrik / Berita

Asmaul Husna As-Syaafii, Arti Serta Makna yang Terkandung di Dalamnya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 18377

As-Syaafii (الشَّافِي ) merupakan salah satu diantara nama-nama Allah atau Asmaul Husna yang memiliki arti Maha Penyembuh. 

 

Dalil yang memerlihatkan hal tersebut adalah hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memohon perlindungan kepada Allah demi anggota keluarganya. Beliau mengusap menggunakan tangan kanannya dan berdoa:

 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

 

 “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari 535 dan Muslim 2191).

 

Makna dari As-Syaafii ialah zat yang bisa memberikan kesembuhan, baik itu kesembuhan penyakit hati, rohani ataupun penyakit jasmani. 

 

Bisa merupakan kesembuhan hati dari penyakit syubhat, hasad, keragu-raguan, serta penyakit-penyakit hati lainnya. Lalu kesembuhan jasmani dari penyakit-penyakit tubuh. 

 

Tidak ada yang bisa menjadikan kesembuhan dari penyaki-penyakit tersebut selain oleh dan dari Allah Ta’ala. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan yang berasal dari-Nya. 

 

Hal itu juga seperti yang pernah disebutkan oleh Nabi Ibrahim ‘Alaihis salaam dalam Al Qur’an :

 

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

 

“Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku” (As Syu’araa: 80).

 

Dalam artian, Allah SWT semata-mata yang membuat kesembuhan, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam memberikan kesembuhan. 

 

Oleh sebab itu wajib untuk kita seorang Muslim mempunyai keyakinan bahwa tidak ada siapapun yang bisa menyembuhkan kecuali Allah SWT. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu