Home / Rubrik / Berita

Beberapa Kebiasaan yang Membantu Seimbangkan Kadar Gula Darah

gambar-headline
Nasional Post Views: 106

Mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang sangat penting dilakukan.

Kadar gula darah yang tinggi memiliki risiko menyebabkan penyakit diabetes mellitus serta komplikasinya. Selain itu, menjaga kadar gula dalam darah tetap normal juga penting bagi penderita diabetes untuk mencegah perburukan kondisi dan komplikasi dari penyakit. 

 

Untuk menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang, kita harus menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 kebiasaan sehat yang bisa seimbangkan kadar gula darah:

 

1. Rutin Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat 

Konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayruan untuk menurunkan gula darah, serta biji-bijian utuh yang juga baik untuk memenuhi asupan nutrisi harian. Rekomendasi asupan serat yang perlu dipenuhi adalah 25–32 gram untuk wanita dan 30–35 gram untuk pria.

 

2. Konsumsi Protein

Protein bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tambahkan protein dalam menu sarapan, seperti telur, yogurt, atau kacang-kacangan. Protein bisa membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah, sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba.

 

3. Hindari Makanan Manis

Hindari makanan atau minuman yang mengandung gula tambahan dalam jumlah besar, seperti jus buah dan minuman bersoda. Kadar gula yang tinggi dalam minuman ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak sehat. 

 

4. Rutin Olahraga Ringan

Olahraga merupakan bagian penting dalam mengendalikan gula darah. Saat berolahraga, hormon insulin membawa gula darah ke dalam otot agar bisa mendapatkan energi untuk bergerak. Alhasil, kadar gula darah pun akan turun.

Namun, bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, disarankan berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda.

 

5. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidrasi tubuh dan membantu mengatur kadar gula darah.

 

6. Hindari Stres

Stres yang berkepanjangan juga bisa berdampak pada meningkatnya kadar gula darah. Ini karena hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres dapat memengaruhi kinerja insulin.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mengendalikan stres agar kadar gula darah tetap normal. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan yang disenangi, misalnya membaca, Al Quran, membaca buku, melukis, merawat tanaman, menonton film, atau mendengarkan murotal dan masih banyak lagi.

 

Selain itu, kita juga bisa melakukan berbagai teknik relaksasi dan mencukupi waktu istirahat, yaitu dengan tidur 7–9 jam setiap harinya, untuk mengurangi stres.


Author

img-author

Sinta Guslia

6 bulan yang lalu