Home / Rubrik / Berita

Beberapa Tanda Tubuh Anda Mengalami Stres

gambar-headline
Bandung Post Views: 150

Hampir semua orang pernah mengalami stres dan gejala stres yang muncul pun berbeda-beda. Penyebabnya beragam, bisa dari tuntutan pekerjaan maupun studi, kehilangan pekerjaan atau di-PHK, menghadapi kemacetan setiap hari, ada tekanan, kurang tidur, tagihan bulanan, dan sebagainya.

 

Saat tubuh mengalami stres, berbagai macam penyakit akan mudah datang dan menetap di tubuh kita. Tubuh menjadi rapuh dan sering kali merasa tidak enak badan. Berbagai tanda akan muncul pada tubuh ketika seseorang sedang mengalami stres maupun depresi.

Berikut beberapa tanda ketika tubuh anda mengalami stres : 

 

1. Rambut Rontok hingga Alami Kebotakan

Stres dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yang semakin parah. Bahkan dapat mengalami kebotakan rambut karena rontok. 

Ketika kamu mengalami hal tersebut, kamu harus segera memperbaikinya dengan mencari cara untuk mengatasi 

 

2. Timbul Maag 

Hormon stres juga bisa memengaruhi produksi asam lambung dalam tubuh. Seseorang yang sedang stres produksi asam lambungnya akan meningkat sehingga menimbulkan maag. Jika kamu sudah mempunyai riwayat maag, biasanya akan kambuh dan semakin parah ketika sedang stres.

 

 3. Perubahan Berat Badan

Stres dapat menyebabkan perubahan berat badan secara drastis dan membuatnya bertambah maupun berkurang.

Stres yang sering terjadi dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon itu membuat metabolisme lemak dan karbohidrat menjadi stabil. Sehingga mendorong tingkat gula yang dibutuhkan dalam darah.

Jika seseorang kelebihan hormon, jumlah makanan yang dikonsumsi akan bertambah lebih banyak. Tubuh akan menghasilkan testosteron dan membakar kalori dalam jumlah sedikit. Sehingga berat badan akan bertambah.

Selain itu, stres juga membuat berat badan menurun karena kadar adrenalin dalam darah meningkat. Kadar adrenalin mempercepat metabolisme tubuh dan memperlambat ekskresi lemak. 

 

4. Masalah Kulit

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Kondisi ini dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit. Tentunya, kulit yang berminyak akan lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pada kulit, seperti jerawat.

Stres yang dialami juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit memburuk atau bahkan kambuh. Misalnya, eksim dan juga psoriasis.

 

5. Sakit Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh osteochondrosis, darah rendah atau tinggi, maupun sinusitis. Seseorang yang sedang hamil juga dapat memicu sakit kepala. Pada beberapa kasus, seseorang yang mengalami stres juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Meskipun meminum obat sakit kepala, tetapi masih mengalami stres, keadaan itu akan menjadi sia-sia. Anda harus menghilangkan stres untuk mengatasi sakit kepala maupun mencegahnya. Sakit kepala akan kembali datang saat Anda merasa stres.

 

6. Tekanan Darah Naik

Tanda stres yang sudah memengaruhi kesehatan fisik salah satunya adalah tekanan darah menjadi naik. Ketika stres, semuanya akan menegang termasuk otot pembuluh darah. Hal inilah yang membuat tekanan darah menjadi meningkat.

Kamu harus waspada jika stres sudah memengaruhi tekanan darah. Pasalnya hal ini bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan pecah.

 

7. Gangguan Menstruasi

Peningkatan hormon akibat stres juga bisa memengaruhi siklus haid wanita. Oleh sebab itu, wanita yang mengalami stres akan terganggu siklus menstruasinya. Bahkan stres juga bisa menghentikan masa menstruasi.

 

Agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat stres, kita harus bersegera dalam mengatasi stres yang dirasakan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat stres, diantaranya adalah:

 

1. Meningkatkan ibadah kepada Allah SWT 

2. Menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur, seperti berjalan dan bersepeda, serta mencukupi kebutuhan tidur dan makan makanan yang bergizi seimbang

3. Melakukan hobi yang sesuai dengan minat dan bakat

4. Berfikit hal-hal yang menyenangkan dalam hidup

5. Membicarakan perasaan dan keluhan yang dialami kepada seseorang yang dapat dipercaya.

 

 

Semoga bermanfaat


Author

img-author

Sinta Guslia

7 bulan yang lalu