Home / Rubrik / Berita

Tips Tetap Bugar Selama Puasa, Salah Satunya dengan Memenuhi Cairan Tubuh

gambar-headline
Bandung Post Views: 113

Seperti yang Umat Muslim ketahui Bulan Ramadhan ialah bulan suci untuk Umat Muslim di dunia, termasuk di Indonesia yang merupakan negara mayoritas Muslim.

 

Rasa khawatir mungkin sering kita rasakan saat memasuki Bulan Ramadhan terlebih lagi mengenai kesehatan.

 

Jangan khawatir berikut ini ada beberapa tips tetap bugar selama puasa di Bulan Ramadhan agar tubuh tetap bugar dan sehat dalam menjalankan aktivitas selama puasa.

 

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

 

Tubuh tentu memerlukan gizi yang seimbang selama berpuasa. Pastikan kita harus makan makanan bergizi seimbang atau yang mengandung protein, karbohidrat dan serat pada saat sahur maupun berbuka puasa.

 

Memenuhi Cairan Tubuh

 

Selain dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tubuh sangat memerlukan cairan, apabila kekurangan cairan itu bisat membuat tubuh lebih mudah terkena dehidrasi. Sebisa mungkin penuhi cairan tubuh dengan banyak minum air putih delapan gelas per hari selama waktu berbuka puasa sampai sahur.

 

Hindari Makanan Berlemak

 

Kita sebaiknya menimimalkan asupan makanan berlemak tinggi ketika berbuka puasa dan makan sahur. Karena makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga rasa lapar lebih mudah dirasakan oleh kita.

 

Harus Sahur

 

Kita sebaiknya tidak boleh melewatkan makan sahur, karena tubuh kita memerlukan energi yang didapat waktu makan sahur. Energi yang diperoleh dari sahur bisa membantu tubuh tidak mudah lelah pada saat beraktivitas selama kita menjalankan puasa.

 

Tetap Beraktivitas

 

Tubuh kita harus digerakkan untuk menjaga metabolisme tubuh. Sebaiknya beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya supaya tubuh tetap bugar, sehat dan produktif. Berpuasa bukan berarti membuat alasan untuk bermalas-malasan. 

 

Sumber: promkes.kemkes.go.id


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu