Home / Rubrik / Berita

Amalan Menyambut Tahun Baru Islam 1445 H

gambar-headline
Indonesia Post Views: 1332

Menjelang datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah kita sebagai umat Islam sebaiknya melakukan amalan-amalan yang disunnahkan untuk memperingati tahun baru Islam. 

 

Lalu apa sajakah amalan yang sebaiknya dilakukan menjelang atau saat tahun baru Islam datang? 

 

Bulan Muharram merupakan bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan mengerjakan amalan kebaikan di bulan ini maka akan mendapatkan juga kebaikan kepada yang melakukannya. 

 

Abu Dzar ra berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW:"Malam apakah yang lebih baik dan bulan apakah yang lebih utama?" Beliau menjawab" "Sebaik-baiknya malam adalah pertengahannya. Bulan yang paling utama adalah bulan Allah yang kalian sebut Muharram." (HR. An-Nasa'i).

 

Berikut ini adalah amalan-amalan yang dapat dikerjakan untuk memperingati datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah. 

 

1. Puasa

Puasa di bulan Muharram ialah puasa paling utama sesudah puasa Ramadan seperti yang dijelaskan dalam hadis Abu Hurairah Ra

 

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

 

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Muslim)

 

Terdapat beberapa puasa yang dapat dilakukan di bulan Muharram antara lain ialah puasa Tasu'a (9 Muharram), puasa Asyura (10 Muharram), puasa Ayyamul Bidh (13,14,15 Muharram), dan puasa Senin dan Kamis selama bulan Muharram.

 

2. Bertaubat

Bulan Muharram tepatnya pada hari Asyura ialah waktu terbaik untuk melakukan taubat, awal tahun Hijriyah ini dalam kesucian bulan Muharram merupakan momentum untuk berintrospeksi diri atau bermuhasabah untuk bertaubat nasuha serta melakukan segala amal sholeh untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik. 

 

Qatadah ra. berpendapat bahwa taubat yang dilakukan Nabi Adam AS adalah pada hari Asyura. Dia juga mengatakan, terkait puasa hari Asyura, Rasulullah SAW bersabda, "Akan digantikan kejahatan-kejahatan pada tahun sebelumnya dengan kebaikan (amal ini)." (HR. Muslim)

 

3. Sedekah

Sedekah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan di bulan apa saja tetapi pada hari Asyura melakukan amalan sedekah ialah semakin dianjurkan.

 

Seperti dikutip dari buku 12 Bulan Mulia-Amalan Sepanjang Tahun oleh Abdurrahman Ahmad As, Sufyan bin Uyainah ra meriwayatkan bahwa barang siapa melapangkan keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan melapangkannya selama setahun itu. Ibnu Uyainah ra. telah mencobanya selama 50 atau 60 tahun.

 

4. Dzikir

Dalam momen tahun baru Islam merupakan waktu yang tepat dan baik untuk lebih banyak mengingat kepada Allah dengan cara berdzikir.

 

Perintah untuk mengingat Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah tertera di dalam beberapa surat Al Quran, seperti Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 41-42 sebagai berikut

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا (42)

 

Artinya:" Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.

 

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim juga dikatakan bahwa orang yang membaca dzikir akan dikelilingi oleh malaikat rahmat. Dari Abu Hurairah ra berkata:

 

"Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah suatu kaum duduk dalam suatu majlis yang di dalamnya menyebut (dzikir) nama Allah, melainkan malaikat mengepungnya dalam rahmat menyelimutinya, dan Allah menyebut mereka sebagai golongan yang berada di sisi-Nya." (HR. Muslim)

 

Itulah beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah dan semoga kita semua dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi daripada tahun sebelumnya. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

10 bulan yang lalu