Home / Rubrik / Berita

Sinyal Tubuh Anda Terlalu Sedikit Olahraga

gambar-headline
Indonesia Post Views: 146

Tubuh kita dirancang untuk melaksanakan berbagai macam aktivitas untuk menjaga kondisi tubuh kita. Apabila kita tidak memanfaatkan tubuh kita dengan baik, seperti olahraga tubuh kita mempunyai sinyal agar kita harus bergerak atau berolahraga. 

 

Berikut terdapat sinyal apabila tubuh kita sedikit olahraga. 

 

1. Sulit Tidur

Orang yang berolahraga selama 30 sampai 40 menit dan sebanyak 4 kali selama seminggu, kualitas tidur dan istirahatnya akan semakin meningkat. 

 

Perasaan ngantuk yang datang ketika siang hari juga akan berkurang. Olahraga akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi stres. Oleh karena itu siklus istirahat akan penuh ketika malam dan tidak terbagi fokusnya saat siang hari serta kita akan selalu terjaga saat malam hari. 

 

2. Pegal-pegal

Pegal-pegal terutama pada saat bangun di pagi hari, itu merupakan sinyal tubuh kita sudah meminta untuk bergerak dengan baik. Apabila pegal-pegal terjadi pada diri kita maka jangan tunda untuk melaksanakan olahraga, karena menurut fakta, dengan menggerakkan otot-otot persendian akan menjadi rileks dan darah mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh. Sehingga pegal-pegal yang kita rasakan akan sedikit berkurang. 

 

3. Stres

Kesehatan mental dan otak akan terkena dampaknya apabila kita jarang berolahraga sebab olahraga teratur akan menjadikan kadar endorfin dalam tubuh kita menjadi lebih tinggi hormon tersebut merupakan hormon yang bertanggung jawab atas perasaan dan mood baik dari diri kita. Oleh karena itu olahraga akan memperbaiki mood dan kita dapat terhindar dari stres. 

 

4. Lelah Terus Menerus

Hal ini sering terjadi dan bukanlah sinyal untuk beristirahat, namun tubuh butuh berolahraga sebab dengan berolahraga secara teratur tubuh kita akan terbiasa melawan perasaan lelah sampai 65%.

 

5. Mudah Merasa Lapar

Apabila kita kurang berolahraga itu akan membuat tubuh kita menjadi mudah lelah. Tubuh yang lelah akan menghasilkan hormon ghrelin lebih banyak. Hormon ghrelin yaitu hormon yang mengatur sensor lapar. 

 

Apabila hormon ini diproduksi secara berlebihan akan membuat kita ingin makan dengan porsi yang lebih. 

 

Yang menjadi perhatian pada fase ini, tubuh tidak tahu bahwa kelelahan itu bukan karena kekurangan energi, namun disebabkan oleh kurangnya pergerakan dan penyempitan pembuluh darah. Dengan melakukan olahraga secara teratur kita akan mampu mengontrol hormon ghrelin dan bisa menjaga rasa lapar.

 

6. Sembelit

Olahraga sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Pada saat kita kurang berolahraga proses pencernaan tubuh secara otomatis ikut melambat, terutama pada kita yang mempunyai lemak viseral atau lemak abdominal atau lemak perut dan kita akan sering kesusahan saat buang air besar. Semakin kita sedikit berolahraga maka kesulitan buang air atau sembelit akan semakin sering.

 

Itulah beberapa sinyal yang bisa kita rasakan, apabila tubuh kita sedikit berolahraga. Ayo kita terus berolahraga agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu