Home / Rubrik / Berita

Beberapa Hal yang Memicu Orang Untuk Berhutang

gambar-headline
Indonesia Post Views: 345

Hutang merupakan salah satu hal yang harus dihindari dalam kehidupan pribadi, karena hutang bukan hanya akan memberatkan diri sendiri apabila tidak bisa mengaturnya dengan baik. Namun juga bisa mengganggu tujuan-tujuan keuangan yang kita punya dan bisa juga membebani mental apabila kesusahan untuk membayarnya. 

 

Karena itulah hutang selalu dianggap menjadi sesuatu hal yang negatif untuk mayoritas orang. Padahal hutang sendiri bisa saja menjadi sesuatu yang wajar terjadi dalam kehidupan manusia dan ternyata hutang telah menjadi praktik yang berlangsung selama berabad-abad. 

 

Ada beberapa hal yang memicu orang untuk berhutang diantaranya ialah seperti berikut. 

 

1. Memiliki Kebutuhan Yang Urgent

Untuk beberapa orang berhutang bukan terjadi karena kemauan. Namun dilakukan karena kebutuhan yang begitu penting atau mendesak. Contohnya seperti kita mengalami sakit sementara dana atau tabungan tidak cukup untuk biaya berobat, atau ketika terjadi musibah yang menjadikan harta hilang atau semacamnya. Pada saat hal tersebut terjadi mau tidak mau berhutang pun harus dilakukan. Dalam kondisi seperti itu hutang memang perlu dan dibutuhkan demi melanjutkan kehidupan.

 

Tidak jarang kita dalam situasi keuangan yang susah dengan waktu yang terbatas. Sehingga berhutang bisa membantu kita melalui kondisi tersebut dan merencanakan pembayarannya di kemudian hari. 

 

2. Kepentingan Usaha atau Bisnis

Dalam melakukan sebuah usaha atau bisnis ada di mana seorang pengusaha membutuhkan dana tambahan untuk modal, demi mengembangkan potensi usahanya atau mengambil kesempatan bisnis yang sedang ada atau berpeluang. Semakin besar peluang bisnis yang dimiliki semakin besar pula modal yang harus disiapkan dan dibutuhkan. Pastinya untuk memperoleh modal besar tidaklah gampang. Oleh karena itu pinjaman modal ialah salah satu alternatif yang dapat dilakukan. 

 

3. Menuruti Semua Keinginan 

Menuruti keinginan merupakan suatu tindakan yang tidak akan pernah ada cukupnya pasti dalam hidup kita selalu mempunyai keinginan baik itu dipengaruhi oleh segala sesuatu yang kita lihat ataupun yang sedang ramai di perbincangkan atau yang sedang viral. 

 

Namun keinginan yang selalu dituruti dan ternyata pendapatan kita yang tidak ada peningkatan, tentu akan membuat uang tidak cukup untuk memenuhi keinginan tersebut. Sehingga pada saat kita menuruti semua keinginan maka tentu segala cara bisa dilakukan seperti berhutang. 

 

Sebaiknya kita lebih bisa mengatur keuangan, agar terhindar dari berhutang. Lebih baik kita beli sesuatu hal yang memang dibutuhkan saja.

 

Itulah beberapa hal yang dapat memicu kita untuk berhutang. Apabila tidak perlu berhutang sebaiknya jangan lakukan dan kita harus pintar untuk mengelola keuangan dan berhemat.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu