Home / Rubrik / Berita

Tips Dan Trik Saat Menjawab Interview Pekerjaan

gambar-headline
Bandung Post Views: 157

Oleh : Rizqi Astera Ayuningtias S.psi,.MM

Ditengah sukarnya mendapatkan pekerjaan pasca badai pandemi , tentunyaa ketika mendapatkan panggilan interview merupakan sebuah momen yang membahagiakan, namun jika melihat temuan  Job Description Library, kecendurungan 50% Interviewee gagal dalam putaran pertama Interview, Melihat fakta tersebut, mempersiapkan diri dengan mempelajari pertanyaan interview beserta cara menjawabnya bisa membantu kamu menghadapi interview dengan lebih percaya diri. Kamu bisa mempersiapkan jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan yang diajukan.

Hal yang pertama harus anda perhatikan saat menghadiri interview adalah cara berpakaian, cara duduk dan tatapan mata anda saat memasuki ruangan interview.

  1. Berpakaian rapi dan sopan, serta gunakan warna netral agar terkesan formal dan sleek
  2. Saat memasuki ruangan interview ucapkan salam serta pandang muka interviewer dengan tatapan mata percaya diri
  3. Duduk dengan posisi tegak serta dua kaki rapat serta tangan di simpan di pangkuan.

Setelah memperhatikan ke 3 hal diatas, kini saatnya kita pindah ke tahapan ke dua yakni memperhatikan jawaban terhadap pertanyaan yang di lontarkan HR, biasanya ada beberapa pertanyaan yang stereotype di lontarkan HR.

  1. Pertanyaan Mengenai Mengapa Tertarik Melamar Pekerjaan Pada Posisi Tertentu  :  Hindari menjawab sesuatu yang berkaitan dengan gaji atau insentif yang diterima, anda bisa menjawab bahwa pekerjaan yang anda aply akan memberikan anda kesempatan untuk lebih berkembang secara skill maupun pengalaman .
  2. Pertanyaan Ceritakan Mengenai Diri Anda : pertanyaan ini lazim di gunakan HR dalam berbagai jenis industries karena dari pertanyaan ini HR dapat menganalisa kepribadian , karakter serta pola fikir anda. Jika anda merupakan fresh graduate anda dapat menceritakan keseharian hingga pengalaman anda ber-organisasi.
  3. Pertanyaan Sejauh Mana Anda Mengenal Perusahaan : pertanyaan ini merupakan paling mudah karena sebelum melakukan interview anda dapat melakukan research terlebih dahulu di situs resmi perusahaan ataupun forum diskusi, Pastikan untuk menjawabnya secara natural tanpa ada jeda. Hal ini penting untuk memberi kesan bahwa kamu benar-benar sudah mengenal perusahaan tersebut, bukan hanya menghafalkan jawaban.
  4. Sebutkan Keterampilan Yang Kamu Milliki : Untuk dapat menjawab pertanyaan ini anda harus melakukan research mengenai jobdesk untuk posisi yang anda lamar terlebih dahullu, serta KPI apa yang harus anda penuhi, misal anda melamar untuk posisi content writer maka jawaban anda adalah :  "Saya mahir melakukan riset trend serta dapat menkomunikasikan product knowledge dengan bahasa yang menarik serta mudah di fahami audience, mahir membuat click bait yang membuat audience semakin tertarik untuk berinteraksi dengan perusahaan, saya juga dapat membuat konten dengan CTA tinggi "
  5. Pertanyaan mengenai apa kekurangan yang kamu miliki : jangan pernah menjawab pertanyaan ini dengan prase " Saya Tidak Mempunyai Kekurangan " namun jawab lah dengan bijaksana seperti, memaparkan hal apa yang kurang anda kuasai saat ini , namun anda sedang berusaha menguasainya , contoh : Saya tidak betul-betul menguasai Adobe premiere namun agar dapat terus bersinergi dinamis dengan team, saat ini saya sedang mempelajari fungsi serta cara pakai Adobe premiiere agar proses dan kualitas designed sesuai yang diharapkan perusahaan.

Nah , para donatur yang dermawan semoga tips and trick di atas dapat membantu anda yang akan melamar pekerjaan melalui proses interview, semoga beruntung.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

6 bulan yang lalu