Home / Rubrik / Berita

Maksimalkan Waktu Antara Maghrib dan Isya dengan Amalan Ini

gambar-headline
Indonesia Post Views: 2602

Waktu antara Maghrib dan Isya merupakan waktu yang mulia dan utama. Sebagian umat muslim tidak mementingkan atau menganggap biasa saja waktu antara shalat Maghrib dan Isya padahal waktu tersebut ialah waktu yang mempunyai banyak keutamaan, waktu dikabulkannya doa dan mempunyai banyak manfaat. 

 

Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Muhammad Syatha al Maliki al Dimyathi dalam Kifayatu al Atqiya’ wa Minhaj al Ashfiya’ menyatakan bahwa waktu antara shalat Maghrib dan Isya’ ialah waktu yang mulia.

 

Umat muslim sangat disarankan untuk melakukan amal baik dan meninggalkan aktivitas yang bisa menyebabkan lupa kepada Allah SWT di waktu tersebut. 

 

Menurut Nashaih al Diniyah, Habib Abdullah al Haddad menjelaskan, di antara waktu yang sangat istimewa yaitu waktu antara Maghrib dan Isya. Oleh sebab itu, disunnahkan untuk melaksanakan dzikir kepada Allah SWT, shalat sunnah dan tadarus Al Qur’an.

 

Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang berdiam diri antara Maghrib dan Isya’ di dalam masjid secara berjamaah, tidak berbicara selain shalat atau membaca Al Qur’an, maka Allah akan membangun dua panggung untuknya di surga.

Setiap satu panggung jaraknya perjalanan seratus tahun, dan Allah juga memberikan sebuah kebun yang terletak diantara keduanya yang lebarnya cukup dihuni oleh seluruh penduduk dunia".

 

Dikutip dari channel Youtube Menebar Hikmah Meraih Berkah, di dalam kitab Mughni al Muhtaj karya Imam Khatib Syarbini diterangkan, shalat sunnah yang sebaiknya untuk dikerjakan di waktu antara Maghrib dan Isya ialah shalat sunnah Awwabin.

 

Kenapa dinamakan Awwabin, sebab orang yang melaksanakan shalat ini kembali kepada Allah ketika banyak orang melupakannya dikarenakan kesibukan duniawi.

 

Sholat sunnah Awwabin juga dapat diartikan sebagai sholat sunnah di antara maghrib dan isya. Sholat sunnah Awwabin termasuk ibadah sunnah yang tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah lainnya.

 

Sangat dianjurkan melakukan doa yang banyak di waktu antara Magrib dan Isya. Selain itu dianjurkan juga untuk melaksanakan amalan-amalan yang bisa meningkatkan ketakwaan kita terhadap Allah SWT seperti membaca Al Qur'an, melakukan shalat sunnah Awwabin dan berdzikir.

 

Itulah beberapa amalan yang baik dilakukan di antara waktu maghrib dan Isya. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu