Home / Rubrik / Berita

Kasus Diabetes pada Anak Semakin Meningkat, Deteksi Dini Gejalanya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 185

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak sekalipun. Diabetes pada anak dapat dikenali dengan beberapa gejala yang dapat kita lihat jelas pada tubuhnya. Orang tua harus sigap mengetahui setiap gejala dan secepat mungkin lakukan penanganan. 

 

Diabetes tipe 1 merupakan jenis diabetes yang sering muncul pada anak-anak. Akan tetapi tidak berarti diabetes tipe 2 tidak bisa menyerang anak-anak. Mulailah hidup sehat dalam lingkungan keluarga yang merupakan langkah awal mencegah agar terhindar dari penyakit diabetes. 

 

Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Diabetes tipe 1 pada anak terjadi ketika badan anak tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin sebagai pengontrol kadar gula dalam darah. Gula darah yang terlalu tinggi akan menjadikan kerja organ dalam tubuh menjadi terganggu. Dalam mengatasi kebutuhan insulin orang tua dapat melakukan perawatan atau pengobatan dengan memberikan suntikan insulin ke badan anak.

 

Penyebab diabetes tipe 1 pada anak masih belum diketahui. Tetapi Beberapa pasien anak yang menderita diabetes Tipe 1 muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah atau autoimun.

 

Hal tersebut menjadikan bakteri dan virus bahkan sel kekebalan tubuh menyerang sel yang bertugas untuk memproduksi insulin di pankreas. 

 

Diabetes Tipe 2 Pada Anak

Diabetes tipe 2 pada anak telah termasuk penyakit kronis yang harus perawatan medis secara khusus. Penyakit diabetes tipe 2 lebih sering dialami oleh orang dewasa, tetapi diabetes tipe 2 juga telah banyak yang menyerang kepada anak berusia di atas 10 tahun atau masa usia remaja. 

 

Yang menjadi penyebab penyakit diabetes tipe 2 pada anak ialah keturunan dari orang tua yang mempunyai penyakit yang sama akan tetapi masih ada beberapa faktor lain yang dapat memicu penyakit ini. Contoh yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes serta 2 ialah anak dengan kelebihan berat badan jarang berolahraga dan sering makan makanan yang mengandung gula tinggi. 

 

Kasus diabetes pada anak semakin meningkat, ayo kita deteksi dini gejalanya. 

 

Gejala diabetes sebenarnya hampir tidak bisa dirasakan secara pastinya oleh anak-anak yang sedang menderita penyakit ini. Apabila terdapat gejala diabetes pada anak dapat dibilang sangat umum dan mirip baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Berikut ini beberapa gejala diabetes pada anak yang dapat dikenali. 

 

- Sering buang air kecil bahkan mengompol

- Sering merasa haus sebab seringnya buang air kecil

- Merasa lapar yang berlebihan

- Penglihatan menjadi kabur

- Berat badan Mengalami penurunan yang drastis

- Infeksi pada luka yang sulit sembuh

- Tubuh menjadi lemah dan lesu

- Kulit menghitam di bagian ketiak leher dan selangkangan

 

Itulah beberapa gejala yang bisa dikenali oleh orang tua pada anak yang memang sebaiknya deteksi sejak dini sebagai upaya penanganan agar terhindar dari penyakit diabetes pada anak. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu