Home / Rubrik / Berita

Hindari Beberapa Pencetus Masalah Kesehatan Mental Berikut Ini, Agar Hidup Dapat Berdaya Secara Optimal

gambar-headline
Indonesia Post Views: 130

Bukan hanya kesehatan fisik yang harus dijaga, tetapi kesehatan mental juga sama pentingnya yang harus dijaga oleh kita, agar hidup menjadi berdaya secara optimal. 

 

Terdapat beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Mulai dari kepribadian, lingkungan sampai beberapa kebiasaan yang dilaksanakan oleh seseorang. 

 

Pada umumnya kebiasaan ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang secara tidak sengaja, tetapi dampaknya bisa mempengaruhi kesehatan mental. Berikut ini beberapa pencetus masalah kesehatan mental yang harus mulai dikurangi diantaranya ialah. 

 

1. Malas Gerak

Mulai saat ini kita harus mencoba lebih aktif bergerak, karena kebiasaan malas gerak ternyata bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan fisik dan juga mental. Seperti dikutip dari National Institute of Health banyak melakukan olahraga atau aktivitas fisik bisa menurunkan risiko gejala depresi. Sebaiknya berolahraga ringan secara rutin seperti berjalan kaki, bersepeda atau menaiki tangga di manapun berada apabila tersedia. 

 

2. Kurang Tidur

Dikutip dari Harvard Medical School, seseorang yang mempunyai kebiasaan kurang tidur berhubungan dengan kesehatan mental. Kurang tidur bukan hanya mengganggu kesehatan fisik namun juga bisa menyebabkan masalah kesehatan mental. Terdapat beberapa masalah kesehatan mental yang bisa saja dialami oleh seseorang yang mengalami kurang tidur seperti gangguan bipolar, depresi dan gangguan kecemasan. 

 

3. Terlalu Sering Menggunakan Gawai

Di era perkembangan teknologi yang semakin maju ini smartphone atau gawai menjadi alat komunikasi yang paling susah untuk kita tinggalkan. Akan tetapi apabila terlalu banyak menggunakan gawai akan menyebabkan masalah pada kesehatan mental kita. Kita harus semakin bijak menggunakan gawai, supaya hubungan komunikasi kita dengan orang di sekitar selalu terjaga dengan baik. 

 

4. Kurang Berinteraksi dengan Orang Lain

Mempunyai kebiasaan kurang berinteraksi dengan orang lain memiliki dampak buruk terhadap kesehatan mental. Sebaiknya kita sempatkan waktu kita untuk berkumpul bersama teman-teman, keluarga ataupun pasangan dengan melakukan hal-hal yang membuat hati kita bahagia dan menyenangkan bersama-sama. Dengan melakukan berbagai kegiatan yang membuat mood kita baik, stress ataupun lelah karena pekerjaan atau hal lainnya yang kita rasakan bisa teratasi dengan baik. 

 

5. Menunda Makan

Sebaiknya kita harus menghindari kebiasaan ini supaya gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita terpenuhi dengan baik. Seperti dikutip dari Mental Health Foundation kekurangan nutrisi menyebabkan masalah kesehatan mental. Seharusnya kita selalu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, supaya kesehatan fisik dan juga mental selalu dalam kondisi baik. 

 

Itulah beberapa pencetus masalah kesehatan mental yang harus kita hindari, sehingga kita bisa menjalani hidup yang lebih sehat dan terhindar dari masalah-masalah kesehatan mental serta hidup dapat berdaya secara optimal. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu