Home / Rubrik / Berita

Beberapa Jenis Buah Yang Dapat Dikonsumsi Saat Sarapan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 150

Sebelum kita memulai hari dengan kegiatan-kegiatan, sebaiknya kita menutrisi tubuh kita dengan sarapan. 

 

Sarapan sangat dibutuhkan apalagi buat orang-orang pekerja yang membutuhkan energi dalam menghadapi hari-hari yang melelahkan. 

 

Sarapan sangat baik bagi tubuh kita apabila mengkonsumsi makanan yang baik juga, seperti buah buahan yang kaya akan vitamin. Lalu buah-buahan apa saja yang sangat baik dikonsumsi untuk sarapan, di sini kita akan membahas buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk sarapan dan menyehatkan tubuh. 

 

1. Pisang

Buah pisang dapat dijadikan pilihan buah bergizi yang baik untuk sarapan. Buah pisang pun dapat dijadikan cemilan di antara sarapan dan makan siang yang berfungsi juga sebagai penahan lapar. 

 

Buah pisang memiliki kandungan pati resisten yang tak bisa dicerna oleh tubuh sehingga mampu melambatkan pergerakan usus dan membuat kita tidak mudah lapar. Buah pisang juga mengandung tinggi kalium, sehingga apabila mengkonsumsi buah pisang ketika sarapan akan turunkan tekanan darah. 

 

2. Berry

Semua jenis dari buah berry seperti strawberry, blueberry, blackBerry dan raspberry merupakan buah yang baik dikonsumsi pada saat sarapan. 

 

Buah-buahan Berry tersebut memiliki jumlah kalori yang rendah, namun tinggi serat dan mengandung antioksidan yang berguna untuk penangkal radikal bebas. 

 

Kita bisa mencampur buah Berry pada makanan utama sarapan kita seperti pada oatmeal, sereal, yogurt atau bisa dihaluskan dijadikan smoothie. 

 

3. Alpukat 

Buah alpukat ialah salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk sarapan, sebab mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang biasa disebut sebagai lemak sehat.

 

Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin esensial termasuk folat, vitamin A, vitamin E dan vitamin B6. Buah alpukat juga memiliki sekitar 14 gram serat di setiap buah yang berukuran sedang atau sekitar 200 gram, kandungan serat itu bisa memenuhi hampir setengah dari kebutuhan serat harian tubuh kita. 

 

Memperoleh asupan serat yang cukup sangatlah baik bagi kesehatan sistem pencernaan sebab dapat tingkatkan pertumbuhan bakteri yang baik. 

 

4. Apel

Buah apel apabila dikonsumsi kita akan memperoleh banyak manfaat yang berhubungan dengan peningkatan laju metabolisme.

 

Buah apel juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B yang bermanfaat penting untuk mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi. 

 

Oleh sebab itu tubuh kita dapat memproduksi energi lebih cepat di pagi hari, apabila kita sarapan dengan buah apel. Kita pun akan lebih merasa bertenaga pada saat menjalani aktivitas sehari-hari. 

 

Dilansir dari situs Food Data Central, satu apel yang berukuran sedang atau seberat 100 gram cuma mempunyai 82 kalori dengan 21 gram serat.

 

Dengan jumlah kalori yang lumayan rendah dengan kandungan berbagai macam zat gizi itulah yang membuat buah apel sangat baik apabila dikonsumsi untuk sarapan bahkan baik juga untuk dijadikan cemilan. 

 

Itulah beberapa buah-buahan yang sangat baik dikonsumsi di saat sarapan, yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita dan mampu memperlancar kegiatan sehari-hari kita, karena dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu