Home / Rubrik / Berita

Kurangi Gejala Pilek dengan Lakukan Ini

gambar-headline
Indonesia Post Views: 160

Pilek adalah suatu penyakit yang membuat kita merasa tidak nyaman. Gejala pilek tersebut biasanya meliputi keluarnya lendir atau ingus baik sekali ataupun terus menerus. 

 

Apabila gejala awal pilek itu telah mulai kita rasakan, maka penting untuk secepat mungkin melakukan pengobatan dalam waktu 48 jam selesai munculnya gejala pilek. Apabila tidak segera diatasi pilek bisa semakin parah dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Gejala pilek yang lainnya yang bisa kita rasakan yaitu rasa gatal dan sakit pada tenggorokan kepala terasa sakit dan berat pegal-pegal dan lain sebagainya. 

 

Agar gejala pilek tidak semakin parah, berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengurangi dan mengatasi gejala pilek. 

 

1. Minum Air yang Banyak

Ketika gejala pilek muncul sebaiknya kita segera minum air lebih banyak dari biasanya atau juga bisa meminum jus, untuk terhindar dari gejala dehidrasi seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Kita bisa juga untuk makan sup ayam atau sayur bayam demi memenuhi kebutuhan cairan.

 

2. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air hangat ditambah garam merupakan cara alami untuk mengatasi gatal di tenggorokan. Hal tersebut karena garam bisa menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan dan bisa membersihkan lendir dan mengatasi iritasi pada tenggorokan. 

 

3. Minum Obat

Untuk meredakan rasa sakit kita bisa juga minum obat penghilang rasa sakit, seperti obat acetaminophen selama dua jam ke depan. Kita juga bisa minum obat-obatan alergi seperti benadryl dan zyrtec yang bisa membantu mengurangi gejala pilek seperti hidung meler dan mata berair. Sedangkan untuk membersihkan sinus kita dapat mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan dekongestan.

 

4. Penuhi Kebutuhan Gizi

Pola makan yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu kita harus memenuhi kebutuhan gizi yang mengandung protein seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, gandum, beras merah serta sayuran berwarna yang kaya antioksidan. 

 

5. Istirahat

Menurut fakta, badan tidak bisa melawan virus dengan lebih baik apabila tubuh tidak memperoleh istirahat yang cukup. Sesudah gejala pilek muncul, sebaiknya secepatnya lakukan istirahat, supaya semakin nyenyak, kita bisa terlebih dulu melakukan mandi menggunakan air hangat agar kualitas tidur kita meningkat lebih baik. 

 

Itulah beberapa cara untuk mengurangi gejala pilek, agar kondisi tubuh menjadi lebih baik dan tidak semakin parah. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu