Home / Rubrik / Berita

Dana Fidyah Yang Anda Titipkan Penuhi Kebutuhan Bahan Pokok Puluhan Muslim Minoritas Di Denpasar Barat

gambar-headline
Denpasar Post Views: 22

Jangan berkata bahwa berpuasa di wilayah minoritas itu sulit dan sepi, bahkan melaksanakan ibadah selama Ramadhan di wilayah minoritas di Bali itu justru sangat indah. Karena meskipun berbeda kita terus saling, memotivasi untuk berbuat kebaikan. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat jumlah penduduk di Pulau Bali sebanyak 4,29 juta jiwa pada Juni 2022. Dari jumlah tersebut ada 432,25 ribu jiwa (10,08%) penduduk di Pulau Dewata yang merupakan muslim. Dengan demikian Islam menjadi agama minoritas penduduk di Pulau Bali. Meskipun menjadi agama minoritas, kerukunan antar umat beragama di provinsi tetap terjaga dengan baik selama ini.

Pada Kamis (13/4) team relawan Rumah Yatim Denpasar Membagikan Bantuan Bahan Pokok yang berasal dari dana fidyah yang telah dititpkan para donatur , Kepada Warga Miskin di jl Pulou Misol Gang xx 17, Kelurahan Dauh Puri Kauh , Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar,Provinsi Bali.

Fidyah dilaksanakan dengan cara memberikan bahan pokok sebanyak satu mud kepada fakir miskin. Satu mud itu setara dengan 675 gram, jadi untuk menghitungnya yaitu 675 gram beras dikali jumlah hari puasa yang ditinggalkan.

Cara membayar fidyah bisa dilaksanakan dengan uang. Sehingga membayarnya dengan 675 gram beras kepada fakir miskin. Di dalam penyebarannya, satu mud bahan pokok atau uang sejumlah harga satu mud hanya boleh diberikan kepada satu orang. Namun satu fakir miskin dapat menerima lebih dari satu fidyah.

Jika anda memiliki rukhsah untuk tidak menjalankan ibadah puasa ramadhan, jangan lupak klik tombol donasi dan pilih menu fidyah.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 tahun yang lalu