Home / Rubrik / Berita

Makanan Penambah Energi Untuk Orang Yang Sedang Sakit

gambar-headline
Indonesia Post Views: 55

Di saat sedang sakit kita tentu merasa lemas dan kehilangan banyak energi. Oleh karena itu untuk mensiasati agar energi kita bertambah yaitu dengan mengkonsumsi makanan penambah energi. 

 

Makanan penambah energi saat sedang sakit sangat dibutuhkan sebagai upaya pemulihan tubuh. Ketika sakit kita membutuhkan makanan penuh nutrisi untuk mensupport sistem imun dan menurunkan inflamasi atau peradangan. 

 

Makanan penambah energi untuk orang yang sedang sakit diperlukan untuk pemulihan tubuh.

 

Saat sakit, kita memerlukan makanan penuh nutrisi untuk mendukung sistem imun dan menurunkan inflamasi atau peradangan. 

 

Dikutip dari Forbes Health, Bill Bradley, ahli gizi dan penulis menyatakan bahwa tubuh membutuhkan energi, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang cukup untuk mendukung fungsi kekebalan, memperbaiki jaringan, dan mempertahankan fungsi fisiologis normal. 

 

Berikut ini terdapat beberapa makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika sedang sakit, agar energi kita bertambah. 

 

1. Buah Pisang

Ketika sedang sakit nafsu makan sering menurun drastis. Apabila hal itu terjadi maka dari mana kita akan mendapatkan energi, buah pisang dapat menjadi solusi terbaik untuk menambah energi. 

 

Buah pisang cukup gampang dicerna dan buah ini bisa berperan sebagai makanan penambah energi untuk orang yang sedang sakit. Buah pisang ini memiliki kandungan gula atau fruktan yang mempunyai sifat anti-virus dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

 

2. Sup Ayam

Sayur sup bisa menjadi pilihan terbaik ketika kita tidak enak badan, karena dalam satu mangkuk sup kita bisa memperoleh beberapa nutrisi yang baik. 

 

Seperti sup ayam bisa memberikan manfaat seperti menawarkan perpaduan nutrisi penting dan hidrasi. Sehingga lebih gampang untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. 

 

Agar sup lebih nikmat dikonsumsi, kita bisa konsumsinya selagi hangat. Seperti pada ulasan di tahun 2020 tercatat bahwa meminum cairan panas dapat memberikan efek hangat serta menenangkan. 

 

Bukan hanya itu nutrisi lengkap yang ada dalam sup termasuk protein, karbohidrat dan lemak juga akan memenuhi kebutuhan energi kita. 

 

3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan 

Walaupun sedang sakit bukan berarti kita tidak bisa mengemil. Cemilan atau makanan yang baik untuk menambah energi ketika sedang sakit ialah biji-bijian dan kacang-kacangan ataupun sejenisnya.

 

Menurut Ryan D. Andrews, penulis dan ahli diet menyatakan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin E dan seng, dua nutrisi yang dibutuhkan sebagai fungsi kekebalan tubuh yang optimal. 

 

4. Yogurt

Yogurt juga dapat menjadi salah satu makanan bertambah energi, apabila kita sedang sakit. Yogurt memiliki kandungan lemak, protein dan karbohidrat yang bisa memberi energi untuk tubuh. 

 

Kandungan probiotik yang terdapat pada yoghurt juga bisa berguna untuk mendukung sistem imun. Seperti pada tinjauan sebanyak 23 studi memberikan kesimpulan bahwa probiotik dapat mencegah infeksi saluran pernapasan atas termasuk flue dan pilek. 

 

5. Bayam

Bayam mempunyai kandungan antioksidan berupa vitamin C, A dan E, serta sumber zat besi yang sangat baik untuk tubuh kita. Bayam juga dapat memberikan asupan mineral yang bermanfaat sebagai fungsi imun.

 

Sebaiknya kita makan bayam bersama makanan yang tinggi vitamin C seperti jeruk atau brokoli demi membantu proses dalam meningkatkan penyerapan zat besi. 

 

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menambah energi ketika kita sedang sakit. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

2 bulan yang lalu