Home / Rubrik / Berita

Melatonin dan Pengaruhnya pada Kualitas Tidur

gambar-headline
Indonesia Post Views: 228

Melatonin yaitu hormon yang bertugas untuk mengatur pola tidur. Hormon melatonin diproduksi secara alami oleh kelenjar pineal yang ada di dalam otak. Umumnya hormon melatonin memiliki tugas untuk memberi sinyal Kapan waktu untuk tidur dan waktu bangun ataupun kondisi terjaga. 

 

Proses produksi hormon akan lebih banyak dilakukan pada malam hari sehingga dapat membantu tubuh tidur nyenyak. 

 

Selain diproduksi secara alamiah hormon melatonin ini juga ada dalam bentuk sintetis atau suplemen. Tujuannya yaitu guna membantu mengatasi berbagai gangguan tidur contohnya insomnia. 

 

Terdapat kondisi tertentu yang dapat mengakibatkan munculnya masalah pada produksi hormon. Hal itu dapat menyebabkan risiko terjadinya gangguan tidur. Terdapat banyak faktor yang dapat memicu terganggunya kinerja hormon melatonin, seperti diantaranya kondisi tubuh, cahaya yang dihasilkan dari lampu ruangan, sampai radiasi elektromagnetik. 

 

Hormon melatonin juga tersedia dalam bentuk suplemen yang terbuat dari bahan sintetis. Bagi orang yang menderita gangguan tidur atau masalah pada tingkat produksi melatonin. Suplemen melatonin mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang bisa meringankan gangguan tidur. Akan tetapi makanan tertentu juga bisa membantu meningkatkan hormon melatonin. 

 

Mengkonsumsi suplemen melatonin dapat membantu mengatasi masalah gangguan tidur, namun suplemen ini harus disertai dengan resep dokter. Selain dari membantu masalah tidur suplemen melatonin juga dapat membantu meredakan nyeri, menurunkan tekanan darah, mengontrol rasa cemas, menjaga kesehatan dan fungsi mata, hingga bisa mengobati gangguan lambung. Akan tetapi harus dilakukan penelitian yang lebih lanjut mengenai manfaat lain dari suplemen melatonin tersebut. 

 

Apabila gangguan tidur anda semakin buruk dan disertai dengan gejala penyakit tertentu, alangkah baiknya segera kontrol ke rumah sakit, agar memperoleh penanganan medis. Sehingga resiko terjadinya komplikasi ataupun gangguan kesehatan yang bisa lebih buruk dapat dihindari. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu