Home / Rubrik / Berita

Sebenarnya Sedekah Untuk Siapa ?

gambar-headline
Bandung Post Views: 706

Tentunya kita sangat familiar dengan kata Sedekah, karena sedekah  adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah sendiri dapat di artikan sebagai menyisihkan sebagian harta atau benda yang kita miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan, tanpa mengharapkan imbalan apapun dari mereka, kecuali keridha-an Allah SWT. Tak hanya bagi muslim Sedekah memiliki banyak manfaat dan keutamaan, baik bagi pemberi maupun penerima. Sedekah dapat membersihkan harta, menyembuhkan penyakit, menghapus dosa, melindungi dari bencana, melapangkan rezeki, serta mendatangkan berkah.

Tapi tahukan anda bahwa tidak semua orang berhak menerima sedekah. Ada beberapa kriteria dan urutan orang yang berhak menerima sedekah sesuai dengan syariat Islam. Hal ini agar sedekah yang kita tunaikan tepat sasaran dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Mari kita simak urutan mereka yang berhak menerima sedekah kita  sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Apabila salah satu di antara kalian bersedekah, hendaklah dimulai dari dirinya sendiri. Jika masih ada sisa (harta), maka untuk keluarganya. Jika masih ada sisa (harta), maka untuk kerabatnya. Jika masih ada sisa (harta), maka untuk orang-orang yang dekat dengannya.” (HR. Muslim)

  1. Diri sendiri, tentunya kita familiar dengan frase kata kekinia "Love Your Self First ", hal ini pun berlaku dalam sedekah, sebelum kita bersedekah kepada orang lain kita harus berdekah kepada diri sendiri, bagaimana caranya? dengan me luangkan waktu untuk diri kita sendiri, meningkatan skill serta kemampuan di luar biaya kebutuhan rutin .
  2. Keluarga , lalu urutan selanjutnya adalah sedekah kepada keluarga karena selain pahala sedekah , sedekah kepada keluarga juga memelihara silaturahmi dan menyambung tali kasih sayang, 
  3. Orang Terdekat , 

    Memberikan sedekah kepada orang terdekat termasuk tetangga, kerabat, rekan kerja . Karena bersedekah dengan orang terdekat dengan kita juga lebih utama daripada bersedekah kepada orang lain. Hal ini karena dengan bersedekah kepada mereka, kita tidak hanya mendapatkan pahala sedekah, tetapi juga pahala menjaga hubungan persaudaraan dan persahabatan antara sesama muslim. Rasulullah SAW bersabda:

    “Siapa saja yang menolong saudaranya ketika ia dalam kesulitan di dunia ini maka Allah akan menolongnya ketika ia dalam kesulitan di akhirat nanti.” (HR. Muslim)

  4. Anak Yatim , Anak yatim adalah anak yang kehilangan ayahnya sebelum mencapai usia baligh atau dewasa. Anak yatim biasanya mengalami kesulitan dalam hal pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan perlindungan. Mereka memerlukan perhatian dan kasih sayang dari kita sebagai umat Islam. Hal ini merupakan sebuah aksi nyata dalam meneladani akhlak Rasulullah SAW yang sangat sayang kepada mereka. Rasulullah SAW bersabda:

    “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (dalam kebaikan) di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya, kemudian beliau merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukharii )

Bagaimana dengan anda ? sudahkah anda bersedekah hari ini para donatur yang dermawan ?

 

Dikembangkan dari tulisan di an-nur.ac.id


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

11 bulan yang lalu