Home / Rubrik / Berita

Cegah Diabetes Pada Anak Dengan Pemberian Asi Eksklusif

gambar-headline
Bandung Post Views: 120

Dalam agama islam, kita sebagai orang tua diwajibkan bertanggung jawab atas segala aspek yang menunjang tumbuh kembang anak karena kelak akan di pertanggung jawabkan di hadapan Allah. Sebagai seorang ibu yang tentunya merupakan sebuah kesatuan dengan anaknya , dan salah satu kewajiban ibu terhadap anak nya adalah memberikan air susu nya.

Ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan bagi sang ibu maupun buah hati.,Karena beragam manfaatnya, dokter kerap kali menganjurkan sang ibu untuk memberikan ASI eksklusif secara optimal selama 2 tahun. Dijelaskan juga bahwa ASI yang tetap diberikan kepada bayi sampai usia dua tahun memiliki pengaruh positif bagi pertumbuhan anak. Perkara ini juga termaktub dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 233 :

Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna.

Dibalik sejuta kebaikan yang ada dlam kandungan Asi salah satu manfaatnya adalah mgurangi resiko anak terkena diabetes tipe I, karena kandungan omega 3. 

Bisa dikatakan bahwa ASI adalah minuman “ajaib” karena memiliki manfaat yang luar biasa banyak dan tak ada tandingannya. Hal ini berkat kandungan gizi di dalam ASI yang melimpah, seperti karbohidrat, protein, immunoglobulin, vitamin, serta mineral.

Tak hanya itu, ternyata air susu ibu juga mengandung asam lemak omega-3.

Omega-3 merupakan jenis lemak baik yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Selain itu, asam lemak ini dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes tipe 1 pada anak.

 

Yuk parents lebih aware terhadap asupan yang diterima

 


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

10 bulan yang lalu