Home / Rubrik / Berita

Manfaat Jalan Kaki Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

gambar-headline
Indonesia Post Views: 168

Siapa sangka jalan kaki secara rutin mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang malas untuk jalan kaki. Akan tetapi banyak orang belum tahu tentang manfaat yang akan diperoleh ketika berjalan kaki secara rutin. 

 

Jalan kaki sesungguhnya bisa meningkatkan proses metabolisme dan membakar kalori di dalam tubuh sehingga bisa menurunkan kadar lemak yang berlebih dan dapat mengontrol berat badan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini manfaat jalan kaki secara rutin bagi kesehatan tubuh. 

 

1. Bisa Kontrol Gula Darah

Jalan kaki secara rutin bisa mengontrol gula darah. Dengan berjalan kaki selama beberapa menit sesudah makan mampu membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap stabil sehingga bisa terhindar dari resiko penyakit diabetes. 

 

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Dengan jalan kaki secara rutin diketahui dapat membantu menjaga berat badan ideal. Karena dengan jalan kaki melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan, sehingga mampu mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran kalori pada tubuh. Dengan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit secara rutin setiap harinya dan diimbangi dengan pola makan sehat mampu membantu menurunkan resiko terkena obesitas.  

 

3. Meningkatkan Suasana Hati

Dengan berjalan kaki bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik, namun jalan kaki juga memiliki manfaat yang berpengaruh terhadap kesehatan mental. Jalan kaki bisa meningkatkan suasana hati sebab mampu menurunkan pelepasan hormon stres ialah hormon kortisol di dalam tubuh.

 

4. Memperkuat Tulang dan Otot Kaki

Dengan jalan kaki secara rutin mampu memperkuat tulang dan otot kaki, karena secara tidak langsung aktivitas tersebut bisa menurunkan risiko osteoporosis. Manfaat ini juga bisa kita maksimalkan dengan berjalan kaki di jalanan yang menanjak dan menurun. 

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung 

Manfaat yang sangat penting dengan berjalan kaki secara rutin ialah mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan kita melakukan jalan kaki secara rutin sesungguhnya mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan membantu juga untuk menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol. Sehingga dengan berjalan kaki secara rutin dapat mencegah terjadinya serangan jantung yang diakibatkan dari penyakit jantung koroner. 

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berjalan kaki secara rutin. Ayo kita mulai hidup sehat dengan lakukan hal sekecil mungkin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu