Home / Rubrik / Berita

Memiliki Hewan Peliharaan Ternyata Mempunyai Efek Relaksasi

gambar-headline
Indonesia Post Views: 98

Ada beberapa orang yang ingin memelihara hewan peliharaan di rumah dan ada juga orang yang tidak ingin memiliki hewan peliharaan. Orang yang tidak mau memiliki hewan peliharaan biasanya karena beberapa alasan dan kondisi. Sebenarnya merawat hewan peliharaan mempunyai banyak manfaat salah satunya ialah memberikan efek relaksasi pada diri kita. 

 

Kita bisa memelihara hewan yang jinak, seperti kucing, marmut, kelinci, ikan dan yang lainnya sehingga dapat membuat kita lebih produktif untuk memeliharanya. 

 

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita rasakan apabila memiliki hewan peliharaan. 

 

1. Menghilangkan stres dan relaksasi pada diri kita 

Salah satu manfaat mempunyai hewan peliharaan di rumah ialah bisa menghilangkan stress cemas serta memberikan Efek relaksasi pada diri kita. Dengan melakukan aktivitas bersama hewan peliharaan, seperti bermain bersama hewan peliharaan akan menurunkan kortisol dan bisa meningkatkan hormon serotonin , dopamin dan oksitosin yang membuat perasaan rileks dan bahagia.

 

2. Melatih kedisiplinan diri dan bertanggung jawab

Dengan merawat hewan peliharaan kita bisa melatih diri kita agar menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab. Kita memiliki tanggung jawab untuk memberi hewan peliharaan kita makan dan perawatan yang baik. Selain itu kita juga bertanggung jawab akan tempat tinggalnya, membersihkan kandang hewan peliharaan dan juga perawatan lainnya. 

 

3. Optimalkan kerja otak

Dengan memelihara hewan peliharaan dipercaya bisa menajamkan fungsi kognitif pada otak dan kemampuan mengasah belajar dan bekerja. Fungsi kognitif itu sendiri mencakup kemampuan dalam berpikir, memecahkan masalah, mengingat dan berkomunikasi. 

 

4. Membantu pemulihan pasca pengobatan kanker

Ternyata manfaat lain dari memelihara hewan peliharaan ialah bisa dirasakan juga oleh penderita kanker yaitu bisa membantu pemulihan pasca pengobatan kanker. Memelihara hewan peliharaan seperti anjing bisa membantu proses pemulihan pasca operasi, sebab anjing mempunyai kemampuan dalam mendeteksi perkembangan kanker usus tahap awal lewat nafas dan fesesnya. 

 

Terapi tersebut dilaksanakan supaya bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan kanker, dengan cara bermain bersama hewan peliharaan. Kegiatan tersebut juga mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang, nyaman dan bisa mengurangi rasa nyeri pada saat masa pemulihan.

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan apabila kita memelihara hewan peliharaan di rumah.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu