Home / Rubrik / Berita

Ternyata Semangka Tidak Boleh Dimakan Saat Malam Hari

gambar-headline
Bandung Post Views: 1615

Tak hanya menyegarkan, mengonsumsi buah semangka juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita seperti mencegah asma, mengatasi sembelit, mencegah pedagadangan, menangkal kanker, menurunkan tekanan darah, mencegah Dehidrasi, memelihara kesehatan ginjal, mencegah sariawan, membuat kulit lembut dan halus, mengatasi nyeri otot, sumber kolagen alami, memelihara kesehatan jantung, memelihara kesehatan tulang, melindungi fungsi saraf dan mencegah impoten.

 

Namun meski memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ternyata buah semangka tidak disarankan dimakan di malam hari. Loh kenapa ya?

 

Menurut para ahli, semangka bukanlah pilihan yang baik untuk dimakan pada malam hari dan dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Semangka bukanlah buah yang ramah terhadap pencernaan jika dikonsumsi pada malam hari dan dapat menyebabkan sindrom iritasi usus dan masalah lainnya.

 

Untuk lebih rincinya, berikut efek buruk jika memakan semangka di malam hari, terutama sebelum tidur : 

 

1. Iritasi Usus

Konsumsi semangka waktu malam hari akan membuat kinerja pencernaan menurun memicu iritasi usus. Kadar air maupun asam yang terdapat pada semangka mengganggu pencernaan dan masalah perut. Bukan hanya usus melainkan juga masalah lambung jika konsumsi semangka di malam hari.

 

2. Berat Badan Bertambah

Semangka mempunyai kadar gula yang tinggi, bila konsumsi di malam hari dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Kandungan gula yang terdapat pada semangka akan membuat berat badan bertambah.

 

3. Hidrasi Berlebih

Kadar air yang tinggi pada semangka membuat Anda mengalami hidrasi atau kelebihan air. Hal ini terjadi dampak dari makan semangka di malam hari. Efek lain dari hidrasi berlebih akan muncul masalah kesehatan salah satunya ginjal.

 

4. Perut Kembung

Perut Kembung salah satu efek samping semangka yang dimakan pada waktu malam hari. Kandungan asam memberikan dampak negatif pada lambung apalagi kondisi perut kosong.

 

5. Sakit Perut

Sakit perut juga menjadi efek samping dari semangka yang dikonsumsi malam hari. Kandungan vitamin C yang tinggi terdapat pada semangka tidak baik dimakan malam hari sebabkan diare dan gangguan pencernaan.

 

6. Sering Buang Air Kecil dan Gangguan Tidur

Konsumsi semangka pada waktu malam hari memberikan dampak yang tidak baik terhadap pencernaan. Kandungan air 92% membuat sering buang air kecil di malam hari

Hal ini mengganggu waktu tidur. Oleh karena itu, ada baiknya makan semangka hindari malam hari atau jelang tidur malam. 3-4 jam sebelum tidur makan semangka jika tidak ingin ada masalah kesehatan.

 

 

Nah setelah tau info ini, yuk mulai dari sekarang hindari memakan buah semangka di malam hari. 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

5 bulan yang lalu