Home / Rubrik / Berita

Posisi Tidur Paling Baik Bagi Penderita GERD

gambar-headline
Indonesia Post Views: 176

Kualitas tidur yang baik adalah suatu hal yang sangat penting demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Posisi tidur yang baik biasanya berbeda untuk setiap orang tergantung pada kondisi kesehatan seseorang tersebut. 

 

Seperti orang yang menderita GERD tentunya memiliki posisi tidur yang baik menurut penderitanya. 

 

Lalu posisi tidur seperti apa yang baik bagi penderita GERD. Simak di sini penjelasannya. 

 

Miring ke Arah Kiri

Dilansir dari IFL Science, kebanyakan seseorang tidur pada kondisi tubuh menghadap ke samping posisi seperti ini memang begitu nyaman ketika tidur. Bagi penderita GERD tidur miring ke arah kiri lebih lebih dianjurkan karena lebih aman apabila tidur miring ke arah sisi kanan posisi perut yang terangkat bisa membuat seseorang mengalami kenaikan refluks asam walaupun itu tidak selalu terjadi pada semua orang. Posisi tidur ke arah kiri tubuh lebih cenderung tetap diam dengan bantuan gravitasi. Dengan posisi tidur ke arah kiri bisa memperlancar sirkulasi darah menuju jantung serta dapat mengurangi resiko heartburn. 

 

 

Posisikan Kepala Lebih Tinggi

Kalau melihat secara ideal posisi kepala kita harus 6 sampai 8 inci lebih tinggi dari kaki kita kondisi tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan penyangga di bagian tempat tidur untuk menyangga kepala kita. Dan posisi kepala lebih tinggi bisa mencegah naiknya refluk asam. 

 

Hindari Posisi Terlentang

Tidur dengan posisi terlentang diketahui sebagai posisi yang tidak baik untuk refluks asam. Asam lambung bisa mengalir kembali ke kerongkongan jauh lebih cepat dan susah turun saat kita dalam posisi horizontal. Hal itu bisa menyebabkan kita menderita pada saat tidur. 

 

Itulah posisi tidur yang baik bagi penderita GERD, kita bisa mempraktekkannya sehari-hari demi kenyamanan kita saat tidur.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu