Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Jawa Barat Penuhi Kebutuhan Puluhan Anak di Rumah Belajar Cahaya Ilmu dengan Beri Bantuan Perlengkapan Belajar

gambar-headline
Kota Bandung Post Views: 48

Pada Kamis, (26/10/23) Rumah Yatim Jawa Barat telah menyalurkan bantuan kepada Rumah Belajar Cahaya Ilmu.

 

Tim Rumah Yatim Jawa Barat mengunjungi secara langsung Rumah Belajar Cahaya Ilmu yang berlokasi di Gang Wirta 02 RT 04 RW 02 Kelurahan Cijaura, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat untuk menyerahkan bantuan berupa perlengkapan belajar dan Al-Qur'an serta perlengkapan barang material untuk perbaikan ruang kelas. 

 

Rumah Belajar Cahaya Ilmu adalah tempat belajar dan menimba ilmu bagi anak-anak dari kalangan yatim piatu dan dhuafa. 

 

Rumah Belajar ini sudah berdiri sejak 7 tahun lalu, atas kepedulian pendiri melihat para anak- anak tidak bisa menimba ilmu disebabkan keterbatasan ekonomi yang dimiliki kedua orang tuanya. Bahkan, terdapat juga beberapa anak mengalami kekerasan.

 

Selama ini, Rumah Belajar ini berdiri di salah satu lahan rumah milik ibu Hani, selaku pendiri Rumah Belajar. Sebab keterbatasan ekonomi yang dimiliki belum mampu untuk membangunkan ruangan khusus untuk kelas. 

 

Akan tetapi, ia selalu semangat untuk mengajarkan ilmu kepada para anak-anak supaya bisa memperoleh pendidikan sejak dini. Terdapat sekitar 76 anak yang belajar di Rumah Belajar ini dan selama ini tidak pernah dipungut biaya sepeserpun, sehingga sarana prasarananya juga seadanya. Anak-anak belajar di tempat yang terbatas, bahkan sebagian ditempatkan dengan hanya beralas terpal dan tanpa atap.

 

Meskipun dengan semua keterbatasan itu tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk tetap belajar. Salah satu murid yang bernama Gia sekarang berusia 11 tahun selama ini ia tidak pernah sekolah, sebab tidak mempunyai biaya dan selama ini ia tinggal bersama kakek dan neneknya, lalu ayahnya telah meninggal dunia. 

 

Rumah belajar ini bukan hanya melaksanakan kegiatan belajar, anak-anak juga bisa mengikuti kegiatan magrib mengaji, latihan angklung dan juga berbagai aktivitas keterampilan yang lain. 

 

Tetapi keterbatasan buku, Al-Qur'an dan sarana penunjang lainnya menjadikan anak-anak terkadang kesusahan dalam belajar. Oleh karena itu Rumah Yatim berinisiatif untuk memberikan bantuan untuk menunjang kebutuhan Rumah Belajar Cahaya Ilmu, agar anak-anak bisa merasakan kenyamanan pada saat belajar dan terus semangat untuk menuntut ilmu. 

 

Anak-anak sangat bahagia sekali ketika tim Rumah Yatim Jawa Barat datang untuk memberikan bantuan, mereka terlihat sangat antusias karena mendapatkan perlengkapan belajar seperti buku dan Al-Qur'an yang baru. 

 

Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk anak-anak di Rumah Belajar Cahaya Ilmu, serta menjadi pahala mengalir untuk para donatur yang telah berbagi hartanya melalui program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu