Home / Rubrik / Berita

Makanan yang Dapat Membuat Anda Lebih Bahagia Karena Nutrisi yang Terkandung Didalamnya

gambar-headline
Bandung Post Views: 134

Setiap orang pasti sering mengalami perubahan suasana hati, mulai dari sedih, kecewa dan marah yang disebabkan suatu hal. Untuk mengatasi suasana hati tersebut, banyak dari mereka yang beralih ke makanan. 

Tapi jika jenis makanan yang dikonsumsi kurang tepat, maka akan berpengaruh pada kesehatan dan kenaikan berat badan.

 

Supaya badan tetap sehat dan suasana hati menjadi bahagia, anda bisa mengonsumsi makanan berikut : 

 

1. Pisang

Pisang memainkan peranan penting dalam mengatur suasana hati secara tidak langsung. Pisang mengandung vitamin B6 yang bisa digunakan untuk membuat serotonin. Zat yang dibutuhkan tubuh untuk merasa lebih bahagia.

 

2. Kelapa

Kelapa mengandung trigliserida menengah yang bisa membantu meningkatkan energi pada tubuh manusia. Energi dibutuhkan karena bisa membuat tubuh lebih bugar dan aktif bergerak. Bahkan konon santan dari kelapa juga bisa meningkatkan mood seseorang.

 

3. Jamur

Jamur kaya akan vitamin D. Jamur juga jadi satu-satunya makanan non-hewani dengan jumlah vitamin D yang cukup tinggi mirip dengan yang ada di produk hewani.

Vitamin D ini dikenal sebagai salah satu nutrisi yang bisa meningkatkan mood dan bisa berperan sebagai antidepresan.

 

4. Alpukat

Sebuah penelitian pada 2020 lalu menemukan orang yang mengonsumsi lebih banyak lemak berkualitas tinggi bisa lebih bahagia. Mereka jadi jarang merasa cemas.

Lemak berkualitas tinggi ini bisa ditemukan di alpukat. Bukan hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin B yang kerap dikaitkan dengan kemampuannya menurunkan stres dan bisa meningkatkan suasana hati.

 

5. Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat kaya protein yang baik untuk tubuh. Bukan hanya itu, kuning telur juga ternyata bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Kuning telur yang kaya akan kaolin ini bisa membantu mengatur suasana hati, memori, hingga kontrol otot manusia. Selain itu, telur juga kaya akan omega-3, seng, vitamin B, dan protein yang baik untuk kesehatan.

 

6. Rumput laut

Rumput laut bisa jadi cemilan enak yang kaya nutrisi. Yodium yang terkandung dalam rumput laut juga tergolong sehat.

Yodium ini sangat penting untuk memproduksi tiroid yang sehat yang bisa berdampak pada energi, suasana hati, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

7. Madu

Madu mengandung senyawa yang sangat sehat, mulai dari kaempferol hingga quercetin. Keduanya diyakini bisa mengurangi peradangan dan mencegah gejala depresi.

 

8. Cokelat hitam

Sudah menjadi rahasia umum jika makan cokelat bisa membuat bahagia. Hanya saja, jika kita mengonsumsi cokelat hitam, maka mood akan semakin membaik sekaligus mengatasi stres dan depresi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi di dalamnya. Kandungan inilah yang bisa memperbaiki kondisi kesehatan psikis dan menurunkan hormon-hormon penyebab stres seperti kortisol.

Meski membuat bahagia, mengonsumsi cokelat secara berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan seperti, peningkatan detak jantung, diare, cemas, gugup, dehidrasi, mudah marah dan peningkatan berat badan.

 

9. Ikan salmon

Salah satu jenis ikan laut yang memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat ini ternyata juga bisa membuat kita lebih bahagia. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya yang ternyata bisa mengatasi depresi dengan efektif. Fakta ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Pharmacological Research.

 

10. Buah apel

Rutin makan apel setiap hari memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Tak hanya kesetan fisik, kesehatan psikis juga akan semakin meningkat. Kandungan di dalam buah ini juga bisa memberikan efek menenangkan pikiran, mengatasi stres, sekaligus meningkatkan energi tubuh. Hal ini tentu bisa membuat kita menjadi lebih bahagia.

 

11. Kopi

Banyak orang yang sedang stres atau buntu pikirannya memilih untuk minum kopi demi membantu pikiran menjadi lebih segar. Menurut pakar kesehatan, kopi memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Bahkan, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul JAMA Internal Medicine, dihasilkan fakta bahwa rutin minum kopi memang bisa menurunkan risiko depresi dengan efektif.

 

Namun meminum kopi jangan berlebihan ya, karena akan berdampak buruk pada kesehatan seperti sakit kepala, mudah matah, kerusakan otot, tekanan darah tinggi, dan detak jantung cepat.

 

12. Bayam

Tak hanya tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, bayam ternyata juga tinggi kandungan folic acid yang bisa membantu menurunkan depresi. Tubuh juga akan terasa lebih berenergi setelah mengonsumsi bayam.

 

13. Kunyit

Kandungan di dalam kunyit, yakni kurkumin bisa mengatasi depresi dan meningkatkan suasana hati. Rutin mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kunyit tentu akan membuat kita lebih mudah merasa bahagia.

 

14. Jeruk 

Jeruk yang terkenal kaya akan vitamin C dinyatakan mampu mengurangi kecemasan dan depresi. 

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2016 menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau lebih buah jeruk setiap hari akan mengurangi risiko depresi hingga 18%. 

 

15. Ayam

Daging ayam memiliki kandungan Vitamin B6, B12, B6, potasium, dan seng.

Vitamin B6 akan menghasilkan serotonin di dalam tubuh, sedangkan vitamin B12 akan memproduksi dopamin. Kedua hormon yang diproduksi tersebut dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang.

 

Namun, pastikan anda memilih ayam tanpa lemak, serta tidak mengonsumsi ayam yang diproses dengan cara digoreng. Sebab, proses memasak dengan digoreng malah dapat memicu respons peradangan dalam tubuh, yang pada akhirnya juga dapat berdampak negatif terhadap suasana hati kita.

 

16. Roti Gandum Utuh

Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat bisa membantu menenangkan hormon yang sedang kacau. Namun, usahakan untuk memilih jenis karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh.

Roti gandum utuh bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Sehingga dapat memiliki pengaruh besar pada suasana hatimu.

 

17. Buah Bit

Buah bit mengandung betaine, yang mendukung produksi serotonin di otak dan akhirnya dapat meningkatkan mood.

Bit juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi di dalamnya, yang menstabilkan kesehatan emosional dan mental, meningkatkan peluang kebahagiaan setiap kamu mengonsumsinya.

 

 

Itulah 17 makanan yang bisa membuat Anda lebih bahagia dan sehat. Semoga bermanfaat.


Author

img-author

Sinta Guslia

5 bulan yang lalu