Home / Rubrik / Berita

Terapkan Cara Ini untuk Turunkan Resiko Depresi

gambar-headline
Indonesia Post Views: 202

Depresi merupakan suatu kondisi mental mempunyai gangguan dan biasanya berhubungan erat dengan suasana hati. Seseorang yang sedang mengalami depresi akan terlihat murung dan kurang bersemangat. 

 

Depresi bisa terjadi pada orang di berbagai tingkat usia, baik pria ataupun perempuan dan pada umumnya muncul disebabkan oleh lingkungan sekitarnya. 

 

Berikut ini terdapat beberapa cara yang kita bisa terapkan untuk menurunkan resiko depresi. 

 

1. Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin bukan hanya bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar tetapi bisa mencegah terkena depresi. 

 

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa membuat kita lupa dengan kesedihan yang dialami. Berolahraga bisa memperlancar darah menuju ke otak jadi otak bisa bekerja secara normal dan lebih gampang berkonsentrasi dan pada akhirnya bisa mencegah terkena resiko depresi. 

 

Contoh hal kecilnya kita bisa mencoba berjalan mengitari lingkungan sekitar rumah atau bisa berlari mengelilingi taman. Lebih baik kita melaksanakannya di pagi hari sambil menghirup udara yang segar. 

 

2. Lakukan Hal yang Membuat Senang

Walaupun terdengar kegiatan yang sepele dan gampang dilakukan mencari kesenangan bisa membantu kita untuk mencegah resiko terkena depresi. 

 

Depresi termasuk ada penyakit mental yang berhubungan dengan suasana hati, tentunya orang yang menderita depresi akan merasa sedih dan tubuhnya menjadi lemas. 

 

Dengan melaksanakan sesuatu hal yang membuat hati senang seperti berkumpul bersama kerabat, bercanda dan melakukan hobi yang kita sukai, tentu bisa meningkatkan suasana hati menjadi baik dan dapat mengurangi risiko depresi. 

 

3. Perhatikan Waktu Tidur

Apabila kita tidak mempunyai waktu tidur yang cukup maka bisa meningkatkan risiko terkena depresi. otak kita butuh waktu untuk mengembalikan tingkat energi dan fungsi kognitifnya. 

 

Waktu tidur yang baik ialah selama 7 sampai 8 jam di malam hari. Dengan waktu tidur yang cukup bisa membantu kita mengurangi risiko terkena depresi. Tidur yang cukup juga bisa memberikan efek yang baik untuk tubuh dan organ tubuh yang lainnya. 

 

4. Jangan Sering Bermain Media Sosial

Banyak orang dengan berbagai kalangan mengalami kecanduan yang berlebih pada media sosial dan internet mereka terlalu sering menghabiskan waktu di internet dan dan perilaku tersebut bisa meningkatkan resiko depresi pada remaja. 

 

Seseorang yang sudah kecanduan internet dan media sosial bisa menyebabkan seseorang tersebut melupakan realita dunia nyata yang dapat mempengaruhi persepsi mereka tentang dunia nyata. 

 

Dengan mengurangi pemakaian internet dan media sosial yang tidak dibutuhkan akan membantu kita untuk menurunkan resiko terkenanya depresi. 

 

Itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk mengurangi resiko terkena depresi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

8 bulan yang lalu