Home / Rubrik / Berita

Hadiah Terbaik untuk Ibu Menurut Rekomendasi Rasulullah SAW

gambar-headline
Bandung Post Views: 159

Dalam Islam, Ibu adalah sosok yang sangat mulia dan dimuliakan. Karena dari seorang ibu, bisa lahir sosok yang nantinya akan menjadi kebanggaan keluarga, agama, bangsa dan negara. 

 

Tidak hanya itu, perjuangan menjadi seorang ibu juga tidaklah mudah. Selain harus mengandung dan berjuang bertaruh nyawa saat melahirkan, seorang ibu juga mempunyai jasa yang sangat besar dalam merawat, mendidik dan membesarkan anaknya hingga tumbuh jadi sosok yang bertakwa dan mandiri.

 

Tidak mengherankan, dengan perjuangan yang begitu luar biasa Rasulullah SAW menempakan sosok ibu menjadi seseorang yang begitu mulia.

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.

 

Karena besarnya jasa yang telah diberikan ibu kepada kita, maka sudah sepantasnya kita membalas semuanya. Selama ini banyak yang mengira bahwa hadiah terbaik untuk ibu haruslah hadiah yang berharga mahal. Padahal, hal ini tidak selalu benar adanya. Lantas, apa hadiah terbaik untuk ibu kita?

Atas rekomendasi Rasulullah SAW, berikut hadiah terbaik yang bisa diberikan kepada ibu kita,

“Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya,kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim).

 

1. Dari hadits di atas, ternyata hadiah terbaik untuk orang tua khususnya ibu adalah sedekah jariyah dan menjadi anak yang shalih.

Melalui sedekah jariyah atas nama ibu kita sejatinya kita sudah memberikan hadiah terbaik untuk ibu kita.

 

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma :

Bahwasanya Sa’ad bin ‘Ubadah –saudara Bani Sa’idah– ditinggal mati oleh ibunya, sedangkan ia tidak berada bersamanya, maka ia bertanya, “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya ibuku meninggal dunia, dan aku sedang tidak bersamanya. Apakah bermanfaat baginya apabila aku menyedekahkan sesuatu atas namanya?” Beliau menjawab, “Ya.” Dia berkata, “Sesungguhnya aku menjadikan engkau saksi bahwa kebun(ku) yang berbuah itu menjadi sedekah atas nama ibuku.” Shahih. HR Al-Bukhari (no. 2756).

 

2. Hadiah kedua yaitu anak yang shalih

Dalam hadits di atas sangat jelas disebutkan ciri anak yang shalih adalah anak yang selalu melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya, berbuat baik kepada orang tua, selalu mendoakan kedua orang tuanya dan selalu melaksanakan kebaikan-kebaikan, melaksanakan 

 

Pejuang kebaikan, itulah hadiah terindah untuk ibu yang direkomendasikan Rasulullah. Jika ingin bersedekah atas nama ibu atau ayah bisa melalui Rumah Yatim, silahkan klik tombol donasi.


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu