Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Padang Sejahterakan Ibu Novita Penjual Air Mineral Beserta 3 Anak Yatimnya Melalui Program Bantuan Biaya Hidup

gambar-headline
Sumatera Barat Post Views: 11

Pada Jum'at, (23/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim cabang Padang telah berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk ibu Novita dan ketiga anak yatimnya. 

 

Tim relawan Rumah Yatim cabang Padang menyerahkan secara langsung bantuan biaya hidup tersebut kepada ibu Novita di kediamannya yang beralamat di Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. 

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari Ibu Novita dan anak-anaknya. 

 

Ibu Novita harus menggantikan sosok suaminya dalam mencari nafkah. Untuk bertahan hidup Ibu Novita bekerja sebagai penjual air mineral keliling milik orang lain. Untuk satu botol air mineral dijual seharga Rp5.000 dan ibu Novita hanya mendapatkan upah sebesar Rp1.000 dalam setiap botol air mineral yang terjual. 

 

Setiap hari ibu keliling berjualan bersama anaknya, ibu terpaksa membawa anaknya yang paling kecil sebab ia tak mau ditinggal. Ibu harus kuat karena harus menafkahi ke 3 anak yatimnya yang masih kecil yaitu Zavira (11), Adiba (9) dan Calista (4).

 

Sebelumnya ibu pernah bekerja di sebuah restoran. Akan tetapi, karena kondisinya tak memungkinkan dan ibu harus merawat anaknya. Ibu berjualan air mineral di sekitar pom bensin dan di lampu merah.

 

Upah yang diperoleh dari hasil jualannya langsung ditukarkan dengan beras untuk makan anak-anaknya nanti dan mengangsur hutang ke warung.

 

Bukan hanya itu kedua anaknya terpaksa harus putus sekolah selama 2 bulan ini, sebab tidak memiliki biaya. Belum lagi anaknya yang paling kecil menderita patah tulang belakang yang mengharuskan melaksanakan operasi tetapi ibu Novita tidak memiliki biaya. 

 

Berkat bantuan biaya hidup ini Ibu Novita sangat terbantu sekali, sehingga kini ia bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya bersama anaknya. 

 

Ia pun tidak lupa untuk berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim cabang Padang yang telah menyalurkan bantuan ini, serta kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu ibu Novita. 

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk ibu Novita dan mendatangkan keberkahan bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu