Home / Rubrik / Berita

Menghindari Saling Fitnah Antar Orang Beriman

gambar-headline
Bandung Post Views: 77

Fitnah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang).

Fitnah merupakan salah satu perbuatan yang dibenci oleh Allah. Bahkan dalam ayat Al Qur'an disebut bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Fitnah membawa dampak buruk bagi siapa pun yang terlibat di dalamnya.

 

“Dan fitnah lebih sadis daripada pembunuhan.” (QS. Al-Baqarah [2]: 291). Dalam redaksi lain, Alquran juga mengungkapkan: “Dan Fitnah lebih besar daripada pembunuhan.” (QS. Al-Baqarah [2]: 217).

 

Agama Islam sangat melarang umatnya saling memfitnah, sehingga hukumnya adalah haram. Dalam hukum Islam, fitnah juga sering disebut dengan Al-Qadzaf dan dikategorikan sebagai kejahatan yang sangat besar. Allah menjanjikan neraka jahanam bagi para penyebar fitnah. Mereka akan didera sebanyak 80 kali dan kelak tak akan masuk surga.

“Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. an-Nur: 4).

 

Sahabat, kita sebagai umat islam itu bersaudara, untuk itu mari kita hindari saling memfitnah. Jika ada saudara atau teman yang tengah memfitnah orang lain, kita sebaiknya segera mengingatkannya.

Jika kita mendengar berita dari orang lain sebaiknya ditelusuri terlebih dahulu agar terhindar dari fitnah.

 

"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musik kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu."(Qs. Al-Hujurat:6).

 

Agar kita terhindar dari bahaya fitnah, kita dianjurkan membaca doa ini

" Robbanaa laa taj'alnaa fitnatalladzina kafaruu waghfirlanaa, robbanaa innaka antal 'aziizul hakim."

 

Artinya:

" Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir, dan ampunilah kami Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (Qs. Al Mumtahannah : 5)

 

Semoga kita semua bisa terhindar dari fitnah dan tidak menjadi pelaku fitnah.

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu