Home / Rubrik / Berita

Tips Tingkatkan Produktifitas Setelah Libur Lebaran

gambar-headline
Bandung Post Views: 28

Setelah menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga di kampung halaman, kini saatnya kita semua bersiap untuk kembali menjalankan aktivitas harian kita di daerah masing-masing.

Tetapi kadang sebagian dari kita masih merasa sedih, galau dan tidak ingin menghabiskan masa liburan dengan cepat. Hal ini sering disebut "post holiday blues" yang dimana kita masih merasa sedih akan berakhirnya liburan. Namun bagi sebagian orang adanya liburan malah memberikan energi baru dan makin produktif bahkan di hari pertama bekerja.

 

Untuk kita yang mengalami post holiday blues, bagaimana caranya bisa meningkatkan produktivitas memulai bekerja? Berikut tipsnya :

 

1. Cari Inspirasi untuk perkembangan diri 

Agar bisa menemukan semangat dalam bekerja kembali, kita perlu mencari inspirasi yang sesuai untuk perkembangan diri. Kita bisa mencarinya mulai dari membaca buku tentang pengembangan diri hingga mendengarkan podcast.

 

2. Mulai secara perlahan

Salah satu langkah penting untuk bisa mengembalikan dan meningkatkan produktivitas kerja setelah libur lebaran adalah dengan mulai berkegiatan dari hal kecil dulu.

Setelah libur lebaran, jangan memaksakan dirimu untuk melakukan kegiatan yang banyak dalam sehari serta mengubah kebiasaan secara tiba-tiba.

Contoh, jika kamu ingin mulai olahraga pagi hari, kamu bisa memulainya dengan memajukan jam bangunmu perlahan, kemudian melakukan olahraga intensitas ringan, hingga jam bangun dan durasi olahragamu tercapai.

 

3. Membuat to-do list

Untuk bisa mengembalikan produktivitas kerjamu setelah libur lebaran, kamu perlu membuat to-do list.

To-do list bisa membantumu untuk mengingat pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan terhindar dari rasa malas dan distraksi dari berbagai macam.

 

4. Berbagi cerita dengan rekan kerja

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah berbagi pengalaman kamu selama libur lebaran dengan rekan kerja.

Usai libur lebaran, usahakan untuk tidak menjauhkan dirimu dengan rekan kerja karena akan membuat kamu semakin memikirkan masa-masa liburan tersebut.

Dengan berbagi cerita ke rekan kerja, secara tidak langsung kamu akan menyesuaikan kembali dengan ritme pekerjaan sehingga jadi lebih fokus dan semangat.

 

5. Rencanakan jadwal libur selanjutnya

Merencanakan jadwal libur selanjutnya bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja setelah libur lebaran.

Walaupun jadwal libur bisa terwujud dalam beberapa bulan kedepan, setidaknya kamu bekerja jadi lebih mudah karena memiliki sesuatu yang ditunggu-tunggu.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk libur panjang, meluangkan waktu untuk me-time atau hobi kesukaan bisa kamu lakukan.

 

6. Mulai dari pekerjaan yang jelas

Untuk bisa meningkatkan produktivitas setelah libur lebaran, ada baiknya kamu memulainya dengan melakukan pekerjaan yang bisa dikerjakan langsung.

Kamu bisa menanyakan kepada rekan kerja atau Leader kamu pekerjaan mana yang harus dikerjakan segera dan fokus kepada pekerjaan tersebut.

Sehingga, kamu bisa memiliki manajemen waktu yang baik untuk melakukan pekerjaan lainnya.

 

7. Menggunakan strategi istirahat dan jeda

Salah satu penyebab kamu kehilangan produktivitas setelah libur lebaran adalah memaksakan untuk bekerja sebanyak mungkin.

Menggunakan strategi istirahat dan jeda melalui teknik pomodoro bisa kamu lakukan agar kamu bisa lebih produktif serta menghilangkan distraksi.

 

Itulah 7 tips meningkatkan produktivitas setelah libur lebaran. Setelah kamu menerapkan nya diharapkan kamu dapat kembali produktif dalam bekerja setelah libur lebaran dan bersemangat dalam meraih kesuksesan. Selamat mencoba !

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

4 minggu yang lalu