Home / Rubrik / Berita

Tanggung Jawab

gambar-headline
Indonesia Post Views: 30

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus memahami apa tanggung jawab kita sebagai mahluk kepada Allah SWT sebagai Rabb, Tanggung jawab adalah bagian dari ajaran Islam yang disebut mas'uliyyah. Mas'uliyyah merupakan tanggung jawab yang merujuk pada konsep keberadaan seseorang yang bertanggung jawab atas segala apa yang dia lakukan, baik dalam hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, maupun sesama manusia.

Dijelaskan pula bahwa tanggung jawab adalah bagian dari ajaran Islam yang disebut mas'uliyyah, di mana disebutkan dalam Al-Qur'an surah al-Mudatsir ayat 38 bahwa tiap-tiap individu bertanggung jawab atas apa yang diperbuatnya.

Setiap muslim diharuskan mendahulukan tanggung jawabnya terlebih dahulu , sebelum menuntuk haknya. Contohnya dalam dunia bekerja, kewajiban kita sebagai seorang karyawan harus dipenuhi dulu sebelum kita menuntut untuk diberikan hak kita, dan hal tersebut harus di lakukan secara sadar, tanpa harus selalu di ingatkan. Dalam lingkungan keluarga pun kita harus menyadari peran kita sebagai suami/istri/bahkan anak dan menjalankan peran kita sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Dalam kontek hubungan dengan yang maha kuasa pun kita harus sepenuhnya bertanggung jawab dengan memanfaatkan sebaik-baiknya waktu kita untuk hal-hal yang bermanfaat dan tidak dilarang agama.

 

Salah satu tanda manusia mencapai kematangan emosional adalah dia dapat meregulasi segala emosi yang terjadi dalam kehidupan, dengan tetap berusaha sepenuh hati memenuhi tanggung jawabnya sebagai mahluk sosial , baik itu dalam lingkup keluarga, pekerjaan atau masyarakat umum. Bagaimana sudahkah anda bertanggung jawab atas diri anda ?

 


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

3 minggu yang lalu