Home / Rubrik / Berita

Ragam Inspirasi Hidangan Takjil

gambar-headline
Bandung Post Views: 79

Selain identik dengan sholat tarawih dan tadarus, bulan puasa juga identik dengan takjil. Takjil merupakan istilah untuk hidangan yang biasa disantap ketika buka puasa.

 

Mencari inspirasi hidangan takjil menjadi rutinitas yang selalu dilakukan umat Muslim ketika sedang beribadah puasa. Setiap sore, banyak masyarakat muslim yang pergi keluar untuk mencari inspirasi hidangan takjil, adapula masyarakat yang memilih membuatnya sendiri dan mencari inspirasi takjil diwaktu pagi atau siang hari.

Agar tidak bingung memilih hidangan takjil yang pilihannya banyak, mending lihat dulu beragam inspirasi hidangan takjil di bawah ini.

 

1. Es Buah

Takjil yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disantap bersama orang keluarga, teman ataupun saudara mu. Es buah biasanya berisi beraneka ragam buah seperti semangka, melon, buah naga dan kelapa yang dipadu dengan sirup manis. Rasanya yang manis dan menyegarkan cocok dijadikan takjil karena bisa melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

 

2. Kolak

Kolak merupakan hidangan berbahan dasar pisang atau ubi yang dipadu dengan kuah dari santan dan gula merah. Kolak memiliki kuah yang manis, legit dan juga gurih. Tak heran kolak banyak disukai masyarakat karena menjadi takjil yang cukup mengenyangkan.

 

3. Es Kelapa

Es kelapa sangat cocok untuk dijadikan takjil untuk berbuka puasa karena rasanya yang segar. Selain itu kelapa muda memiliki banyak akan manfaat salah satunya bisa mengganti elektrolit tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

 

4. Sop Buah

Sop buah bisa dihidangkan sebagai takjil buka puasa. Selain menyegarkan, sop buah juga sangat kaya akan rasa. Di dalam sop buah terdapat beraneka ragam buah-buahan seperti semangka, buah naga, melon, alpukat, anggur, pisang, strawberry dan mangga yang dicampur dengan susu kental manis dan sirup, sehingga menambah kelezatan dan kesegarannya.

 

5. Dimsum

Makanan untuk takjil berbuka puasa selanjutnya adalah dimsum. Hidangan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan juga tekstur yang lembut ketika disantap. Selain itu, dimsum pun cukup mengenyangkan perut setelah seharian berpuasa.

 

6. Pisang Cokelat

Pisang cokelat termasuk salah satu takjil yang laris untuk disantap saat berbuka puasa. Pisang coklat merupakan olahan yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan kulit lumpia kemudian berisi coklat atau keju. Cemilan yang satu ini mudah sekali dibuat dan dijamin menggugah selera.

 

7. Lontong

Ingin buka puasa tapi enggan untuk menyantap nasi? Mungkin lontong bisa jadi takjil pilihan. Lontong menjadi takjil favorit masyarakat karena selain mengenyangkan, rasanya pun enak. Lontong cocok dimakan bersama dengan gorengan dan dilengkapi sambal kacang.

 

8. Martabak Telur

Jika kamu bosan dengan takjil yang rasanya manis, martabak telur cocok sekali dicoba ketika berbuka puasa. Martabak telur memiliki rasa gurih dengan tekstur yang krispy. Martabak telur dapat disajikan bersama dengan saus atau kuah acar yang segar

 

9. Es Jeruk

Inspirasi takjil untuk berbuka puasa yang paling simpel dan tentunya menyegarkan adalah es jeruk. Cukup bermodalkan jeruk, es batu serta air gula, minuman es jeruk bisa langsung disajikan sebagai menu takjil saat berbuka puasa.

 

10. Es Semangka

Buah semangka dikenal sebagai buah yang menyegarkan dan dapat menghilangkan dahaga karena memiliki kandungan air yang cukup banyak. Selain enak dimakan langsung, semangka juga bisa dikreasikan menjadi es semangka yang cocok dijadikan sebagai takjil berbuka puasa.

 

11. Smoothie Bowl

Smoothie bowl ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu menu takjil. Dalam satu mangkuk smoothie bowl biasanya berisi buah kemudian dilengkapi dengan granola serta biji-bijian. Selain dapat meredakan rasa lapar setelah puasa, smoothie bowl ini juga menyehatkan.

 

12. Risol Mayo

Risol mayo sangat cocok untuk disantap sebagai menu takjil berbuka puasa. Risol mayo memiliki rasa gurih dan creamy dari mayones. Biasanya risol mayo berisikan smoked beef dan juga telur.

 

13. Aneka Gorengan

Di Indonesia, gorengan menjadi kudapan wajib saat buka puasa. Umumnya gorengan yang disukai masyarakat ialah tempe, tahu dan bakwan. Rasanya yang gurih membuat gorengan cocok dipadu dengan segarnya es buah.

 

14. Roti Bakar

Kamu ingin membuat takjil yang simple tanpa ribet? Roti bakar bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya kerap dijadikan sebagai makanan untuk sarapan, roti bakar juga pas untuk disantap saat berbuka. Kamu bisa memvariasikannya dengan berbagai rasa selai untuk menambah kelezatannya.

 

15. Es Cendol

Banyak sekali varian es yang bisa dijadikan sebagai takjil buka puasa, salah satunya es cendol. Saat bulan puasa banyak sekali pedagang yang menjajakan es cendol di pinggir jalan. Rasanya yang legit dan manis membuat es cendol cukup menjadi takjil favorit untuk berbuka puasa.

 

16. Es Cincau

Banyak orang mengalami panas dalam saat berpuasa karena kurang cairan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjadikan es cincau sebagai takjil buka puasa. Es cincau bisa membantu untuk meredakan panas dalam dan tentunya melepas dahaga.

 

17. Kolang Kaling

Kolang kaling menjadi makanan yang erat kaitannya dengan bulan puasa. Makanan yang satu ini seringkali dijadikan sebagai menu takjil buka puasa. Kolang kali ternyata juga kaya akan manfaat karena mengandung banyak serat, sehingga menjadikan pencernaan lebih sehat.

 

18. Jagung Susu Keju

Menu takjil yang sehat dan lezat untuk disantap lainnya adalah jagung susu keju atau disingkat jadi jasuke. Makanan ini diolah dari jagung yang dipipil kemudian dicampur dengan susu dan keju. Selain enak, jagung sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

 

19. Bubur Kacang Ijo

Berbuka puasa sangat identik dengan makanan dan minuman manis. Maka dari itu, bubur kacang ijo bisa dijadikan pilihan sebagai takjil. Rasanya yang manis dan legit membuat bubur kacang ijo cocok disantap saat berbuka.

 

20. Bubur Sumsum

Menu takjil yang tak kalah lezatnya untuk disantap saat berbuka puasa adalah bubur sumsum. Hidangan ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis dan gurih. Agar lebih lezat, Anda bisa menambahkan candil ubi di atasnya.

 

21. Es Kacang Merah

Varian es lain yang bisa Anda buat sebagai menu takjil buka puasa adalah es kacang merah. Es berbahan dasar kacang merah ini bisa menjadi hidangan alternatif bagi Anda yang bosan dengan takjil yang itu-itu saja.

 

22. Kebab

Makanan asal Turki ini juga cocok dijadikan sebagai santapan buka puasa. Kebab cukup mengenyangkan karena terbuat dari kulit tortilla, daging dan sayur. Rasanya yang enak dijamin membuat buka puasa semakin menggugah selera

 

23. Puding

Puding dapat dijadikan sebagai menu takjil buka puasa yang enak karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Tak hanya cocok dijadikan takjil, puding juga bisa dijadikan sebagai ide jualan selama puasa Ramadhan.

 

24. Es Pisang Ijo

Jika kamu ingin berbuka dengan takjil yang segar sekaligus mengenyangkan, maka es pisang ijo wajib dicoba. Es pisang ijo merupakan minuman khas Makassar yang terbuat dari bahan pisang yang jadi favorit untuk buka puasa. Es ini disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis.

 

25. Salad Buah

Salad buah bisa Anda coba sebagai takjil jika ingin tetap sehat selama puasa Ramadhan. Hidangan ini kaya akan buah yang tentunya menyehatkan. Rasanya pun sangat enak karena diberi topping mayones dan keju sehingga menghasilkan rasa lembut di mulut.

 

26. Pisang Goreng

Bagi sebagian orang, kurang lengkap rasanya jika buka puasa tidak memakai gorengan. Salah satu gorengan yang kerap dijadikan takjil adalah pisang goreng. Jika bosan dengan sajian pisang goreng seperti biasanya, Anda bisa menambahkan topping seperti kental manis, cokelat, madu atau keju di atasnya.

 

27. Es Teler

Setelah menahan haus seharian, es teler bisa menjadi pilihan takjil yang tepat. Es teler biasanya berisi nangka, alpukat dan kelapa. Rasanya yang lezat membuat es teler menjadi salah satu es yang banyak diminati masyarakat.

 

28. Es Blewah

Menu takjil yang tak kalah menyegarkan lainnya adalah es blewah. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan seperti buah blewah, biji selasih, sirup dan es batu. Dijamin es blewah bisa melepas dahaga setelah berpuasa.

 

29. Es Timun Suri

Timun suri merupakan buah yang sangat erat kaitannya dengan puasa. Timun suri dapat diolah menjadi es yang menyegarkan dahaga. Tak heran banyak orang yang berburu es timun suri sebagai takjil buka puasa.

 

30. Biji Salak

Rekomendasi takjil untuk berbuka yang terakhir adalah biji salak. Menu takjil ini memiliki rasa yang manis sangat cocok disantap untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

 

31. Es Duren

Es duren bisa masuk dalam daftar hidangan takjilmu. Selain rasanya enak, hidangan ini pun bisa mengenyangkan. 

 

32. Es Nangka Gula Aren

Rasa es nangka gula aren yang unik dengan rasa manis dari gula aren dan nangka serta segarnya air kelapa bisa membuat momen buka puasamu berkesan.

 

33. Kurma

Buah kurma sudah menjadi buah khas di bulan Ramadhan. Selain harganya relatif murah, buah kurma juga memiliki banyak khasiat, seperti melancarkan sistem pencernaan, mencegah diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kurma sangat cocok dijadikan takjil buka puasa sehat sebelum menyantap menu makanan utama.

 

34. Pastel sayur

Di mana ada risol, pasti disitu ada pastel. Kue kering satu ini memang termasuk salah satu menu wajib saat berburu menu takjil.

 

35. Onde-onde

Untuk yang suka makanan manis bisa mencoba onde-onde yang memiliki tekstur kenyal dan rasa yang enak.

Kalau pengin lebih kenyang dan bergizi, bisa mencari onde-onde yang berisi kacang hijau karena mengandung banyak karbohidrat serta vitamin B yang bagus untuk tubuh selama berpuasa.

 

36. Es selendang mayang

Takjil satu ini merupakan camilan khas orang Betawi yang keberadaannya kini sudah sulit ditemukan. Karena susah mencarinya, kamu bisa juga membuatnya sendiri, untuk menunya bisa didapat di internet ya ! 

 

37. Tahu bulat

Tahu bulan bisa kamu beli dimana saja karena keberadaan penjual tahu bulat sudah banyak saat ini. 

 

38. Batagor

Batagor bisa menjadi pilihan hidangan takjil mu. Selain mudah didapat, hidangan ini juga mengenyangkan dan murah.

 

39. Kue cubit

Takjil buka puasa lainnya adalah kue cubit. Kue ini memiliki rasa yang manis, pulen dan mengenyangkan. 

 

40. Agar-agar

Selain puding, agar-agar juga bisa menjadi alternatif lain buat orang yang mengalami susah BAB selama puasa. Cara membuatnya sedikit lebih mudah dibandingkan puding karena gak perlu membuat fla sebagai pendampingnya.

 

41. Jus buah

Takjil buka puasa sehat terakhir adalah jus buah. Minuman ini bisa kamu ganti-ganti isinya setiap hari sesuai selera dan keinginan. Menu ini juga cocok disajikan ketika berkumpul bersama teman dan keluarga besar.

 

Itulah 41 hidangan takjil buka puasa yang bisa kamu pilih selama bulan Ramadhan. Semoga dengan mengonsumsi makanan di atas bisa membantu kelancaran dalam beribadah ya, selamat berpuasa!

 

Jika ingin berbagi takjil kepada sesama di bulan penuh berkah ini, kamu bisa berbagi melalui Rumah Yatim, silahkan klik tombol donasi.


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu