Home / Rubrik / Berita

Rumah Yatim Jabodetabek Lakukan Peresmian Atas Dibangunnya Pondok Pesantren Riyadul Athfal di Cibitung

gambar-headline
Pandeglang, Banten Post Views: 12

Pada Senin, (26/02/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah menyelesaikan pembangunan Pondok Pesantren Riyadul Athfal dan melakukan serah terima kepada para santri. 

 

Serah terima pembangunan Ponpes ini ditemani oleh relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek, Pengurus Pondok, para warga, dan Pemerintah Daerah disana.

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Terhitung sejak pada Ahad, (07/01/23) tim Rumah Yatim regional Jabodetabek melaksanakan peletakkan batu pertama sebagai bentuk penyaluran bantuan sarana prasarana pembangunan pondok pesantren Riyadul Athfal secara langsung di lokasi yang beralamat di Kampung Umbulan, Desa Manglid, Kecamatan Cibitung, Pandeglang, Banten, 

 

Sebelumnya juga telah selesai dibangun MCK yang layak di Pondok Pesantren Riyadul Athfal. 

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Melihat dari kondisi Pondok Pesantren Riyadul Athfal yang memprihatinkan membuat Rumah Yatim berinisiatif untuk memberikan program sarana dan prasarana kepada Pondok Pesantren Riyadul Athfal. 

 

Dulu ketika mau buang hajat para santri harus berjalan dengan jarak sekitar 300 m, itu juga hanya kubangan yang menyerupai kolam kecil dengan pijakan kayu, dindingnya hanya pakai terpal bekas. Selain terkesan tidak sehat, keamanannya pun sangat kurang karena hanya beralas kayu dan bambu jadi para santri harus sangat berhati-hati. 

 

Terlebih lagi apabila para santri hendak buang hajat atau wudhu pada malam hari dengan jalan yang gelap serta licin, membuat para santri sering terpeleset. Belum lagi suasana malam yang membuat para santri ketakutan dengan gangguan orang ataupun binatang liar. 

 

Kualitas air di sana pun kurang layak terlihat keruh apabila musim hujan, dan kekeringan di musim kemarau. Selain kurang layak untuk bersuci, air disana juga kurang bagus bagi kesehatan terutama kesehatan kulit para santri. 

 

Kondisi tempat istirahat para santri juga tidak layak sehingga para santri terkadang merasa tidak nyaman. 

 

Berkat diberikannya program bantuan sarana dan prasarana yaitu pembangunan pondok oleh Rumah Yatim Jabodetabek, membuat para santri sangat merasa bahagia sekali dan berterima kasih kepada para pejuang kebaikan yang telah membantu mewujudkan harapan para santri yang sekarang akhirnya bisa merasakan belajar di tempat yang layak dan nyaman. 

 

Semoga dengan bantuan sarana dan prasarana yang diberikan oleh Rumah Yatim Jabodetabek membuat para santri bisa lebih semangat lagi dalam belajar ilmu agama. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu