Home / Rubrik / Berita

4 Hal Ini Bisa Menjadi Penghambat Rezeki

gambar-headline
Bandung Post Views: 87

Setiap makhluk di atas muka bumi ini sudah dijamin rezekinya oleh Allah Subhanahu Wa-ta'ala (Swt). Setiap makhluk yang bergerak dan mencari rezekinya pasti akan terpenuhi kebutuhannya.

"Dan tidak satu pun makhluk bergerak ( bernyawa ) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua ( tertulis ) dalam Kitab yang nyata ( Lauh Mahfuz ). " (Q. S. Hud : Ayat 6)

 

Meski sudah dijamin Allah, kita tetap harus berdoa dan berikhtiar untuk mendapatkannya. Kita juga harus menghindari hal-hal yang bisa menghambat rezeki.

Kata Ibnul Qayyim dalam kitabnya Zaadul Ma’ad,

Ada empat hal penghambat rezeki: (1) Tidur pagi, (2) Sedikit sholat, (3) Bermalas-malasan, (4) Sifat khianat. (Zad Al-Ma’ad, 4:378)

 

Berikut penjelasannya

1. Tidur Waktu Pagi

Selain tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengganggu metabolisme dan gangguan kesehatan lainnya, ternyata tidur di waku pagi juga dapat menghambat rezeki. Karena pagi adalah waktu penuh berkah dan waktunya orang-orang memulai aktivitasnya. 

Dari sahabat Shakhr Al-Ghamidiy radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya."

 

2. Sedikit Sholat

Sedikit sholat dapat diartikan jika kita kurang ketakwaan, padahal takwa itulah pembuka pintu rezeki.

"Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi segala sesuatu." (QS Ath-Thalaq: 2–3)

 

3. Bermalas-malasan

Bermalas-malasan juga menjadi sebab rezeki sulit datang. Pasalnya, seorang muslim dituntut bekerja dan tawakkal pada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

"Seandainya kalian benar-benar bertawakal kepada Allah, tentu kalian akan diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki. Ia pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang." (HR Tirmidzi nomor 2344, Ibnu Majah: 4164, Ahmad: 1:30. Abu 'Isa Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadits ini hasan)

 

"Tidaklah para hamba berpagi hari di dalamnya melainkan ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, 'Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang senang berinfak.' Yang lain mengatakan, 'Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang pelit'." (HR Bukhari nomor 1442 dan Muslim: 1010) 

 

4. Tidak amanah

Seseorang yang tidak amanah membuat dirinya sulit dipercaya orang lain. Hal ini bisa membuatnya lain sulit mendapatkan pekerjaan.

Ketahuilah bahwa orang yang berkhianat terhadap amanat pun menyandang salah satu sifat munafik. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tiga tanda munafik adalah jika berkata, ia dusta; jika berjanji, ia mengingkari; dan ketika diberi amanat, maka ia ingkar.” (HR. Bukhari, no. 33 dan Muslim, no. 59).

 

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu