Home / Rubrik / Berita

Memaknai 10 Hari Pertama Ramadhan

gambar-headline
Indonesia Post Views: 3549

Umat Islam harus mengetahui adanya beberapa keutamaan di 10 hari pertama bulan Ramadhan. 

 

Terdapat juga amalan-amalan yang bisa dilakukan selama 10 hari pertama pada bulan Ramadhan, oleh karena itu umat Islam disarankan untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

 

Di 10 hari pertama bulan Ramadhan ini pahala dan keberkahan yang diberikan akan berkali lipat jumlahnya. Maka dari itu umat muslim Janganlah menyia-nyiakan kesempatan ini karena kesempatan ini tidak bisa didapatkan di hari-hari biasa.

 

Berikut ini keutamaan dan amalan 10 hari pertama di bulan Ramadhan yang bisa menambah pahala serta keberkahan yang berkali kali lipat. 

 

1. Bulan Penuh Rahmat

Ketika bulan Ramadan tiba umat muslim diharuskan berlomba-lomba untuk beribadah dan melaksanakan berbagai amal kebaikan, sebab bulan ini diketahui sebagai bulan yang penuh rahmat. 

 

Di 10 hari pertama bulan Ramadhan pintu rahmat Allah SWT akan terbuka lebar dan bisa dimanfaatkan secara baik oleh umat muslim. 

 

Apabila di awal bulan Ramadhan merupakan pintu Rahmat, maka di pertengahan Ramadhan ialah pintu maghfiroh dan di akhir Ramadhan ialah pintu pembebasan dari api neraka. 

 

2. Waktu Berdoa yang Tepat

Pada 10 hari pertama bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dan berdzikir, hal tersebut karena pada saat berpuasa merupakan waktu terbaik untuk berdoa. 

 

Umat Islam juga dianjurkan berdoa selama waktu makan sahur dan ketika mendengar adzan. Karena waktu tersebut ialah waktu yang paling tepat untuk berdoa dan dikabulkan sehingga doa-doa yang dipanjatkan menjadi lebih berpeluang untuk cepat dikabulkan oleh Allah SWT. 

 

3. Bulan Sedekah

Sudah banyak diketahui bahwa bulan Ramadhan sering disebut sebagai bulan sedekah menurut agama Islam. 

 

Karena siapa saja yang memberi makan orang yang melaksanakan puasa Ramadhan mereka bisa mendapatkan minum dari Telaga Rasulullah SAW dan diberikan secara langsung oleh Allah SWT. 

 

4. Terhindar dari Godaan Setan

Setan tidak akan sering menggoda manusia di bulan Ramadhan, sebab pintu neraka akan ditutup dan setan-setan yang berada di dalam akan dikurung dan dirantai. 

 

Sehingga manusia tidak lagi beralasan dengan menyalahkan setan saat sedang berperilaku buruk selama bulan Ramadhan. 

 

Di 10 hari pertama bulan Ramadhan umat Islam akan sangat bersemangat untuk melaksanakan amalan kebaikan yang bisa mendatangkan banyak pahala. 

 

Karena selama berpuasa akan terhindar dari godaan setan yang bisa memberikan dosa ke dalam diri orang yang berpuasa. 

 

5. Penuh Keberkahan dan Keberuntungan

Akan memperoleh berkah dan keberuntungan yang berlimpah dari Allah SWT di 10 hari pertama bulan Ramadan. 

 

Berkah dan keberuntungan ini diperoleh dalam bentuk lindungan dari Allah SWT untuk umatnya selama bulan Ramadhan. 

 

 Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di 10 hari pertama bulan Ramadan juga selalu ada dalam petunjuk Allah SWT. 

 

Oleh karena itu jangan sampai meninggalkan ibadah puasa yang merupakan kewajiban bagi umat muslim. 

 

Kita juga bisa melaksanakan beberapa amalan kebaikan di bulan Ramadhan ini seperti dengan kegiatan tadarusan, memperbanyak sedekah, membantu orang lain, memberi makan orang yang berbuka puasa, memperdalam ilmu agama, beritikaf di Masjid serta perbanyak shalat sunnah. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu