Home / Rubrik / Berita

Melatih Kecerdasan Emosi Dalam Sudut Pandang Islam

gambar-headline
Bandung Post Views: 33

Kecerdasan Emosional (bahasa Inggris: emotional quotient, disingkat EQ) adalah kemampuan seseorang dalam mengelola, mengendalikan dan mengenali perasaan diri sendiri.

Dalam Islam, kemampuan mengendalikan emosi dan menahan diri disebut sabar. Orang yang paling sabar adalah orang yang paling tinggi dalam kecerdasan emosionalnya.

 

Seseorang dengan EQ yang tinggi akan memudahkannya saat berhubungan secara sosial dengan orang lain. Sehingga ini mampu menciptakan relasi yang positif dengan lingkungan sekitarnya. 

Untuk berada di tingkat kecerdasan emosional yang baik, kita harus melatihnya.

 

Berikut beberapa cara untuk melatih meningkatkan kecerdasan emosional dalam sudut pandang Islam

 

1. Kenali Emosimu

Dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad ﷺ: “..di antara kalian yang paling mengenal Tuhannya adalah yang paling mengenal dirinya” (HR Bukhari Muslim). 

 

Pertama, kamu harus mengenali emosimu lebih dalam, karena ini bisa membantumu untuk mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu dapat lebih cermat dan bijak dalam bertindak setiap kali menghadapi beberapa situasi tertentu. Sehingga ini dapat mencegah kamu melakukan tindakan-tindakan yang mungkin bisa kamu sesali di kemudian hari.                 

 

2. Kurangi emosi negatif pada dirimu

Selanjutnya, kamu perlu melatih diri mengurangi emosi negatif pada dirimu. Ini merupakan salah satu cara efektif agar kamu mendapat kestabilan emosi dan tidak mudah terbawa arus pada situasi kurang menyenangkan yang terjadi di sekitarmu. Bisa mengontrol emosi dengan baik efektif untuk menghalau emosi negatif sesaat setelah terlintas di pikiranmu.  

Allah ﷻ berfirman: “(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (Q.S. Ali-Imrân [2]: 134)

 

3. Belajar untuk tetap tenang saat menerima kritik

Saat kamu mudah merasa panas, kesal dan marah-marah ketika mendapatkan kritik dari orang lain, secara tidak langsung ini menunjukkan bila kecerdasan emosional kamu masih rendah. Saat kamu ingin mengasah kecerdasan emosional di dirimu, tentu terlebih dulu kamu harus bisa menerima dan mau terbuka pada berbagai kritik dan saran yang datang. Kritik dan saran yang datang dari orang lain juga sangat berguna bagi kamu untuk mengembangkan diri sendiri.

 

4. Belajar terbuka pada setiap cara pandang orang lain yang berbeda darimu

Ketika kamu sulit menerima cara pandang orang lain, selalu merasa diri paling benar dan kerap protes pada pendapat yang berbeda dengan kamu, ini juga menandakan kalau kecerdasan emosional kamu rendah. Maka dari itu, bila kamu mau mencoba memahami sekaligus berpikiran terbuka pada setiap sudut pandang orang lain yang berbeda darimu secara tidak langsung ini adalah usaha melatih diri dalam meredam ego yang bersarang di dirimu.

 

5. Berpikir sebelum bertindak 

salah satu cara untuk mengasah kecerdasan emosional pada dirimu adalah jangan suka asal bertindak tanpa mempertimbangkan segala kemungkinan yang terjadi. Jangan sampai apa yang kamu lakukan kemudian bisa menjadi boomerang bagi dirimu sendiri. Maka dari itu, perbanyak introspeksi diri pada perilaku dan tindakan kamu sehari-hari. Dengan begitu kamu akan terbiasa agar selalu berhati-hati sebelum bertindak.

 

 “Apabila engkau hendak mengerjakan suatu perkara, maka pikirkanlah dahulu akibat-nya, apabila akibatnya baik kerjakanlah, apabila akibatnya buruk tinggalkanlah.” Riwayat Ibnu Mubarok

 

6. Bersikap tetap tenang saat berhadapan dengan orang yang memancing emosi kamu

Kadang kala memang sulit bagi kita untuk bisa tetap santai saat di hadapkan pada orang yang menyebalkan dan kerap kali menguji kesabaran kita. Namun, kita di tuntut untuk bisa menahan diri agar tidak terpancing pada situasi tersebut. Maka, cobalah untuk tenangkan diri sebelum kamu berbicara pada orang yang sedang memancing emosi negatif kamu. Ini adalah cara tepat dalam melatih mengendalikan emosi negatif pada dirimu. Dan ini juga efektif dalam mengasah EQ seseorang.

Untuk mendapat ketenangan ini bisa dilakukan dengan banyak dzikir dan berdoa kepada Allah 

 

7. Tampilkan gestur tubuh yang positif

Sering kali orang mudah menebak suasana hati seseorang dari ekspresi wajah yang sedang ia tunjukkan kepada mereka. Memang tidaklah mudah untuk bersikap baik-baik saja di saat suasana hati lagi badmood. Tapi bila kamu dapat menguasai emosi dalam dirimu dengan tidak membiarkan dirimu terus-terusan terhanyut dalam suasana hati yang buruk, ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengasah EQ kamu.

 

8. Berlatih menumbuhkan rasa empati pada sekitar 

Seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi biasanya memiliki rasa empati yang kuat pada sekitarnya. Seorang yang berempati tinggi juga mampu memahami perasaan orang lain dengan baik. Sehingga dengan empati yang di miliki ini kamu akan tahu bagaimana harus memperlakukan orang lain dengan benar.Nah, itu tadi delapan hal yang dapat mengasah kecerdasan emosional pada dirimu. Dengan kecerdasan emosional yang baik, ini dapat membantumu tetap tenang dan stabil saat menghadapi berbagai situasi meski sulit sekalipun.

 

Allah SWT berfirman, “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.” (QS al-Maidah: 2). 

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 bulan yang lalu