Home / Rubrik / Berita

Para Santri Ponpes An-Nur Bojonggede Bahagia Berkat Dapatkan Bantuan Sarana Prasarana dari Rumah Yatim Jabodetabek

gambar-headline
Kota Bogor Post Views: 16

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim regional Jabodetabek telah berhasil menyalurkan program sarana dan prasarana untuk Pondok Pesantren An-Nur pada Sabtu, (24/02/24). 

 

Tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek menyerahkan secara langsung bantuan sarana dan prasarana tersebut ke Pondok Pesantren An-Nur yang beralamat di Kelurahan Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kota Bogor, Jawa Barat. 

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai yang akan dimanfaatkan untuk perbaikan atau kebutuhan sarana Pondok Pesantren An-Nur agar menjadi lebih layak dan nyaman bagi para santri. 

 

Ponpes An-Nur telah berdiri sekitar 2 tahun lebih, para santri yang belajar di pondok ini merupakan kalangan dari anak yatim dan dhuafa. Pondok ini berawal dari hanya majelis taklim yang berdiri di pemukiman yang cukup padat penduduk.

 

Pada mulanya hanya ada 5 orang santri yang belajar setiap malam, semakin lama semakin bertambah. Namun perkembangan santri tidak didukung dengan adanya fasilitas Pondok yang memadai. Ruang majelis yang terbuka beratapkan asbes tanpa dinding ini, setiap hari harus dipenuhi anak-anak ketika sesudah shalat magrib, anak-anak mulai belajar Al Quran sampai waktu shalat Isya tiba. Sesudah shalat Isya dilanjutkan dengan para remaja yang belajar Al Quran dan kitab. 

 

Karena keterbatasan biaya untuk pembangunan terpaksa para santri harus rela belajar dalam kondisi kekurangan dan yang membuat memperhatikan kondisi tempat tidur untuk 6 orang santri yang sangat miris, bangunan yang terbuat dari material bekas dan dibangun sendiri oleh para santri. Bahkan seluruh bahan bangunan tersebut didapat dari limbah atau bekas bahan bangunan yang sudah tidak terpakai. 

 

Tempat tidur 6 anak santri mereka menempati bangunan yang kurang layak dan sempit bangunannya hanya berukuran 2x4 M. Mereka juga harus berdesakan saat tidur dan lantainya masih beralaskan tanah. 

 

Berkat bantuan sarana dan prasarana dari Rumah Yatim regional Jabodetabek pondok pesantren An-Nur ini bisa menjadi lebih baik dan lebih nyaman bagi para santri. 

 

Pihak pondok pesantren An-Nur menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim regional Jabodetabek dan juga kepada para donatur yang telah berbaik hati berbagi rezekinya melalui program ini. 

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk pondok pesantren An-Nur dan mendatangkan keberkahan bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu