Home / Rubrik / Berita

Nuzulul Qur'an

gambar-headline
Bandung Post Views: 28

Di bulan Ramadhan, ada satu malam yang menjadi saksi sebuah peristiwa penting bagi umat Islam, yakni turunnya Al-Qur'an untuk pertama kalinya. Peristiwa ini terjadi pada malam 17 Ramadhan, dan malam itu disebut Nuzulul Qur’an.

Peristiwa malam Nuzulul Qur’an juga dijelaskan dalam ayat Al-Qur’an, salah satunya pada surat Al-Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an." 

 

Malam Nuzulul Qur’an adalah malam di mana malaikat Jibril mengirimkan wahyu kitab suci Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Pada kesempatan pertama kali ini Malaikat Jibril membawa surat iqra` wa rabbukal akram. Kemudian untuk selanjutnya Al-Qur’an diturunkan secara berangsur. Peristiwa turunnya Al-Qur’an ke bumi yang terjadi secara berangsur-angsur ini pun diperingati pada malam 17 Ramadhan yang ditandai dengan wahyu pertama Surat Al-Alaq ayat 1-5.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan mansuia dari segumpal darah. Bacalah, da Tuhanmulah Yang Mahamulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq : 1-5).

 

Waktu yang dibutuhkan turunnya Al-Qur'an dari malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW kurang lebih selama 23 tahun. Turunnya ayat per ayat tersebut menyesuaikan problematika sosial, krisis moral, kegamaan, hingga kisah para nabi terdahulu. Hingga yang terakhir diturunkan adalah ayat dari surat Al-Maidah.

"...Pada hari ini telah aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu..." (QS. Al-Maidah: 3)

 

Keistimewaan Nuzulul Qur’an

 

1. Malam Penuh Berkah

Pada malam Nuzulul Qur'an, Allah SWT menurunkan limpahan keberkahan dan kedamaian bagi umat manusia, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Dukhan ayat 3

 

2. Pahala Berlipat Ganda

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud, Allah SWT akan memberikan pahala satu kebaikan dari setiap huruf dalam Al Qur'an. Pahala itu akan dilipatgandakan kembali apabila pada malam Nuzulul Qur'an, kaum muslim memperbanyak membaca Al Qur'an.

 

3. Diampuni Segala Dosa

Keistimewaan malam Nuzulul Qur'an lainnya, adalah diampuninya segala dosa. Pada malam diturunkannya Al-Qur'an itu, kaum muslim akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT, seperti bayi yang baru lahir ke dunia.

 

Agar kita bisa mendapatkan keistimewaan pada malam nuzulul Qur’an, para ulama menganjurkan supaya kita memperbanyak melakukan amalan-amalan ibadah pada malam Nuzulul Qur'an seperti :

1. Membaca Al-Qur’an

2. Memperbanyak I’tikaf atau berdiam diri di masjid sambil berdzikir, bertasbih, muhasabah diri, mendengarkan nasihat agama, serta merenungkan hari akhir.

3. Melakukan salat serta berdo'a 

 

Di malam Nuzulul Qur’an kita pun dianjurkan untuk berdoa. Ada banyak doa Nuzulul Qur'an yang dapat diamalkan.

Berikut salah satu contoh doa Nuzulul Qur'an:

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur aan, wa hassin a`maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa`til qur aan.

 

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an , selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa`at Al-Qur’an."

 

 

Pejuang kebaikan, yuk maksimalkan amalan malam Nuzulul Qur’an ini dengan bersedekah, salurkan sedekah terbaikmu melalui Rumah dengan klik tombol donasi. Semoga Allah memberikan kebaikan dan keberkahan untuk kita semua.

 

 

 

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

2 minggu yang lalu