Home / Rubrik / Berita

Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengakibatkan Badan Cepat Gemuk

gambar-headline
Indonesia Post Views: 26

Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat badan cepat gemuk tanpa kita sadari. 

 

Kita tentu menyadari bahwa konsumsi cemilan yang tinggi kalori bisa membuat badan kita tambah lebar. Begitu juga kita menyadari makan berat pada malam hari juga bisa menambah berat badan. 

 

Namun terdapat kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan dan tanpa kita sadari bisa membuat berat badan meningkat. 

 

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tanpa kita sadari bisa membuat badan kita cepat gemuk. 

 

1. Konsumsi daging olahan

Kita tentu sering mengkonsumsi daging olahan seperti sosis daging kaleng kornet dan lain sebagainya karena memang sangat praktis untuk kita konsumsi. Akan tetapi kebiasaan ini bisa mempercepat nambahnya berat badan. 

 

Dilansir dari Food Network riset yang diterbitkan di New England Journal Of Medicine telah ditemukan salah satu kebiasaan yang bisa menambah berat badan ialah seperti yang ngemil kripik kentang, daging merah yang tanpa olah atau steak, serta daging olahan. Dengan kita sering mengkonsumsi makanan tersebut setiap hari tentu bisa membuat badan kita bertambah gemuk dengan cepat. 

 

2. Makanan asin

Ternyata makanan asin juga bisa menambah berat badan seperti dilansir dari Eat This, Not That!, apabila mengkonsumsi garam dengan berlebihan akan membuat badan lebih gemuk sebab menahan banyak cairan dalam tubuh.

 

Beberapa makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi ialah seperti daging olahan, saus salad, keju, saus cabai maupun kecap manis. 

 

3. Makan terburu-buru

Seringkali badan gemuk bukan dari soal makanan yang kita konsumsi namun berasal dari cara kita makan. Seperti makan yang buru-buru dapat membuat badan semakin besar. 

 

Otak memerlukan waktu untuk memproses sinyal kenyang, karena menurut fakta proses ini bisa menghabiskan waktu sampai 20 menit.

 

Seperti dikutip dari Healthline, ketika kita makan dengan buru-buru akan lebih mudah untuk makan lebih banyak daripada yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Dengan berjalannya waktu, asupan kalori yang berlebihan akan menjadikan berat badan naik. 

 

4. Kurang minum

Kurang minum adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan badan lebih cepat gemuk. 

 

Penelitian di University of Utah menemukan bahwa peserta diet yang minum dua gelas air sebelum makan dapat menurunkan berat badan 30 persen lebih banyak daripada peserta yang tidak minum.

 

Ternyata efeknya juga makin besar ketika air ditambah es. Peneliti Jerman menemukan enam cangkir air dingin akan membuat metabolisme meningkat yang membakar 50 kalori setiap hari. 

 

5. Pelampiasan emosi terhadap makan

Mungkin di antara kita pernah ada yang merasakan sedih, galau ataupun marah lalu melampiaskannya terhadap makanan. Kita cenderung ingin lebih banyak makan untuk merasakan kenyamanan pada saat emosi. 

 

Terdapat juga istilah yang disebut emotional eater. Istilah tersebut dikaitkan untuk orang yang memakai aktivitas makan sebagai respons terhadap stres emosiosional.

 

Studi dari University of Alabama menemukan emotional eater 13 kali lebih memiliki risiko berat badan berlebih atau obesitas. 

 

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tanpa kita sadari bisa mengakibatkan berat badan meningkat. Kita sebaiknya menjaga pola makan kita dengan baik dan mengatur asupan makanan apa saja yang kita konsumsi agar tubuh kita tetap ideal. 

 

 

 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 bulan yang lalu